"Banyak orang yang menanggap data terlalu mahal..."
Lagos (ANTARA News) - Google meluncurkan jaringan Wi-Fi gratis di tempat publik di Nigeria, guna meningkatkan penetrasi internet di negara padat penduduk di Afrika ini.

Alphabet Inc bermitra dengan penyedia jaringan kabel optik Nigeria, 21st Century, untuk layanan Wi-Fi publik Google Station di enam tempat komersial di ibu kota Lagos, termasuk bandara.

"Kami meluncurkan layanan ini di Lagos, tapi, rencananya akan segera meluas ke lokasi lain," kata Wakil Direktur Google untuk Manajemen Produk, Anjali Joshi, dikutip dari Reuters.

Menurut data Bank Dunia, hanya 25,7 persen populasi di negara tersebut yang menggunakan internet pada 2016 lalu. Infrastruktur internet di negara tersebut masih minim, layanan broadband pun masih belum bisa diandalkan atau terlalu mahal bagi penduduk negara tersebut.

Google ingin bekerja sama dengan berbagai penyedia layanan internet agar dapat menjangkau 200 tempat publik di lima kota pada akhir 2019.

Google Station merupakan program untuk membantu negara yang memiliki banyak penduduk. Layanan tersebut sudah ada antara lain di India, Indonesia, Thailand dan Mexico.

"Banyak orang yang menanggap data terlalu mahal, menggunakan Google Station. Di India, kami punya 10 juta pengguna dan hampir sejuta di Mexico," kata Joshi.

Baca juga: Google kini tawarkan Wi-Fi gratis di 400 stasiun kereta di India
Baca juga: Google Street View bisa jalan-jalan ke luar angkasa


 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018