Surabaya (ANTARA News) - Tim nasional Indonesia U-16 bertekad meraih kemenangan di laga perdana mereka dalam babak penyisihan Grup A Piala AFF U-16 melawan Filipina di Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (29/7).

Pelatih Timnas U-16 Fachry Husaini menyatakan bahwa timnya sudah siap dan akan bermain sebaik mungkin demi memperoleh hasil positif di laga pertama.

Tampil di hadapan publik sendiri tentu memberikan suntikan semangat yang lebih besar bagi Timnas U-16, terlebih di atas kertas mereka lebih diunggulkan dibandingkan Filipina.

Kendati demikian, legenda hidup Pupuk Kaltim itu tetap meminta para pemainnya untuk mewaspadai Filipina maupun negara-negara lain di laga berikutnya.

"Mereka ke sini datang dengan persiapan matang dan semua lawan harus diwaspadai," kata mantan penyerang timnas Indonesia itu kepada wartawan di Surabaya, Sabtu.

Pelatih Timnas U-16 Filipina, Reiji Hirata, mengaku timnya sudah siap tampil menghadapi tuan rumah di laga pembuka dan siap memperlihatkan penampilan terbaik.

"Kami sudah siap dan akan berjuang semaksimal mungkin menghadapi Indonesia," katanya.

Baca juga: Indonesia hadapi AFF U-16, pelatih: saatnya juara

Laga pembuka Indonesia kontra Filipina di Piala AFF U-16 dijadwalkan disiarkan langsung oleh stasiun televisi Indosiar pukul 19.00 WIB.

Setelah menghadapi Filipina, Indonesia akan melakoni empat laga lain di penyisihan Grup A, yakni melawan Myanmar pada Selasa (31/7), Vietnam pada Kamis (2/8), Timor Leste pada Sabtu (4/8) dan Kamboja pada Senin (6/8).

Di Grup B tergabung Malaysia, Thailand, Laos, Singapura dan Brunei Darussalam yang akan berlaga di Stadion Joko Samudro, Gresik, Jawa Timur.

Dua penghuni teratas masing-masing grup akan lolos ke semi final yang dihelat pada Kamis (9/8) dan pemenang akan bertemu di final yang berlangsung di Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (11/8).

Baca juga: Timnas U16 tekuk Timor-Leste 3-1

Baca juga: Timnas U-16 imbang 2-2 lawan Myanmar

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018