Bulukumba, Sulsel (ANTARA News) - Sebuah kapal pinisi membawa api obor Asian Games 2018 berlayar saat menyambangi Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Sabtu.

Setelah diterbangkan dari Sorong, Papua Barat dan tiba di Makassar, pada Sabtu pagi, api obor Asian Games dibawa menuju Bulukumba untuk diarak keliling oleh tim kirab api obor Asian Games.

Bupati Bulukumba Andi Muhammad Sukri Sappewali menerima api obor Asian Games di Islamic Center Bulukumba dari ketua panitia pawai obor Asian Games.

Ribuan warga dan para pelajar sekolah dengan seragam dan bendera merah putih

antusias menyambut pawai obor Asian Games di sepanjang jalan di Bulukumba.

Api obor yang dibawa oleh tim kirab tiba di Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Bonto Bahari sekitar pukul 17.30 WITA dan disambut oleh ribuan warga yang telah menantikan obor Asian Games di PPI tersebut.

Dengan menggunakan tiga perahu pinisi dan didampingi 45 perahu kecil yang dilengkapi bendera negara peserta AG 2018 api obor berlayar dari PPI Bonto Bahari menuju Pantai Pasir Putih Tanjung Bira.

Aktor Mario Lawalata turut meramaikan kirab obor dengan membawa obor ke atas kapal pinisi.

"Ini merupakan kehormatan bagi Kabupaten Bulukumba sebagai salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang disinggahi api obor Asian Games," kata Bupati Bulukumba.

Baca juga: Omzet pedagang Sorong naik kala kirab obor

Baca juga: Masyarakat Sorong sambut Kirab Obor Asian Games


Perahu pinisi merupakan kebanggaan dari warga Bulukumba, khususnya di wilayah Tanjung Bira, yang dikenal sebagai perancang, perajin sekaligus pelayar handal perahu pinisi.

Selain itu kapan pinisi telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO, badan PBB untuk pendidikan, keilmuan dan kebudayaan, sebagai salah satu warisan budaya dunia.

Kirab api obor Asian Games pada Sabtu berakhir di Pantai Pasir Putih Tanjung Bira di mana di sana digelar upacara penyambutan dan Festival Tanjung Bira yang menampilkan berbagai tarian dan makanan tradisional setempat.

Baca juga: Polda Sumsel siapkan 1.700 personel sambut obor api Asian Games

Baca juga: Wagub DKI : Pembawa obor Asian Games harus tokoh menginspirasi

Pewarta: Aditya Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018