Sofia (ANTARA News) - Seorang lagi pegulat Bulgaria meninggal dalam usia muda, setelah mantan peraih medali perak kejuaraan dunia Damyan Damyanov berpulang dalam usia 39 tahun di Shumen, sebuah kota di Bulgaria bagian utara, pada Minggu (29/7) waktu setempat.

Media setempat melaporkan Damyanov mengalami masalah serius dengan hatinya, namun petugas sebuah rumah sakit di Shumen tempat Damyanov meninggal menyatakan hal itu baru akan diketahui setelah diadakan autopsi.

Kepergian Damyanov berjarak kurang dari satu tahun setelah meninggalnya mantan juara gulat Eropa, Velichko Chokalov, yang sempat dijatuhi larangan tanding selama empat tahun atas kasus doping dalam usia 35 tahun. Tiga tahun lalu, juara Olimpiade 2004 Milen Dobrev juga meninggal dalam usia yang sama.

Sedangkan pada 1992 silam, juara dunia gulat tiga kali Mihail Petrov meninggal dunia dalam usia 28 tahun.

Baca juga: Pelatih: kemampuan pegulat Indonesia berpotensi perunggu

Baca juga: Pulang dari Bulgaria, gulat putra bergabung pemusatan latihan di Sukabumi


Sepanjang kariernya di dunia gulat, Damyanov pernah memenangi sejumlah medali tingkat Eropa dan kejuaraan dunia serta juga gelar junior. Damyanov juga sempat mendapat hukuman dari badan gulat internasional (IWF) karena kasus doping pada 2004.

Bulgaria merupakan kekuatan dunia di cabang olahraga gulat, dimana telah memenangi 12 gelar Olimpiade dan 36 medali secara total antara tahun 1972 dan 2004, dan itu menjadikan gulat sebagai cabang paling sukses di negara tersebut. Para atlet mereka juga telah memenangi 79 medali emas di kejuaraan dunia dan juga 167 di kejuaraan Eropa.

Baca juga: Atlet-atlet gulat digembleng di Bulgaria

Baca juga: Gulat diharapan raih satu emas Asian Games


(Uu.A020/B015)

Pewarta: ANTARA
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018