Jakarta (ANTARA News) - Huawei dikabarkan telah mengirimkan undangan untuk sebuah acara yang akan digelar dalam pameran teknologi IFA di Berlin, pada 31 Agustus mendatang.

Bukan ponsel baru, Huawei diperkirakan akan memperkenalkan perangkat keras baru -- chipset Kirin 980. Pasalnya, Huawei meluncurkan Kirin 970 dalam gelaran IFA tahun lalu.

Huawei juga diperkirakan tidak akan memperkenalkan perangkat Honor karena sub-brand Huawei tersebut telah mengadakan acara sendiri di Berlin. Acara yang di IFA tersebut juga hanya berlangsung selama 45 menit.

Kirin 980 kabarnya akan memiliki octa-core. Desas-desus yang beredar menyebutkan inti "Cortex-A77," meskipun belum ada inti seperti itu -- A76 merupakan yang tertinggi saat ini, kecuali ARM benar-benar akan merilisnya.

Menariknya, GPU Kirin 980  kemungkinan akan menjadi desain in-house pertama dari Huawei, yang menurut rumor akan mengalahkan Adreno 630 sebesar 50 persen.

Kirin 980 akan menjadi yang pertama dibangun pada proses 7nm TSMC. Chipset tersebut juga akan memiliki Neuronal Processing Unit (NPU) untuk aplikasi kecerdasan buatan (AI) di masa mendatang, demikian dilansir GSM Arena.
 

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018