Mekkah, Arab Saudi (ANTARA News) - Direktur Bina Haji Khoirizi H Dasir mengimbau jamaah haji mengenakan kain ihram sejak dari embarkasi agar saat tiba di Bandara Jeddah tidak harus mengantre untuk berihram dan perjalanan menuju ke pemondokan di Mekkah tidak sampai molor.

"Diimbau kepada seluruh jamaah haji yang akan berangkat pada gelombang dua untuk melaksanakan mandi sunah dan memakai kain ihram sejak dari embarkasi," kata Khoirizi kepada Media Center Haji di Mekkah, Selasa.

Di Bandara Jeddah, jamaah biasanya antre untuk mandi dan mempersiapkan ihram. Kadang panjangnya antrean berihram di bandara itu membuat jamaah terlambat sampai di pemondokan, menambah kelelahan setelah penerbangan panjang.

Kalau perjalanan jamaah menuju pemondokan tidak terhambat, Khoirizi menuturkan, mereka bisa segera sampai di pemondokan dan beristirahat atau bersiap untuk beribadah di Masjidil Haram.

Kementerian Agama menyampaikan imbauan kepada jamaah untuk mempersiapkan ihram sejak di Tanah Air berdasarkan evaluasi pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji yang sudah berjalan sejak 17 Juli.

Dia menambahkan upaya mempercepat pergerakan jamaah di bandara sejatinya sudah dimulai dengan proses perekaman biometrik dan sidik jari di embarkasi.
 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018