Sidoarjo (ANTARA News) -Timnas sepak bola Indonesia U-16 mengalahkan timnas Vietnam U-16 dengan skor 4-2 pada laga lanjutan Piala AFF-U-16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis malam.

Pada babak pertama, Indonesia mendapatkan kesempatan menciptakan gol cepat di menit ke 3, tetapi tendangan bebas Muhammad Yudha berhasil ditepis kiper Nguyen Duy Dung. Skor tetap 0-0.

Menit ke-6 Indonesia kebobolan terlebih dahulu setelah Dinh Thanh Trung berhasil menjebol gawang Indonesia dengan memanfaatkan kemelut di depan Gawang. Skor 1-0 untuk Vietnam.

Beberapa kali anak asuh Fachri Husaini mencoba menerobos lapisan belakang Vietnam. Namun hasilnya selalu nihil dan dapat dipatahkan.

Di menit ke-22 Indonesia mendapatkan kesempatan untuk mengejar ketertinggalan, tetapi si kulit bundar berhasil jatuh di pelukan Nguyen Duy Dung. Skor masih tetap 1-0 untuk Vietnam.

Pelatih timnas Indonesia U-16, Fachri Husaini di menit ke-27 akhirnya mengambil keputusan untuk menarik ke luar Amanar dan digantikan oleh Supriadi untuk menggedor wilayah tengah.

Menit ke-29 Supriadi yang baru masuk membuktikan kepiawaiannya setelah berhasil melewati satu dua pemain belakang Vietnam akhirnya berhasil menjebol gawang Vietnam dan skor menjadi 1-1. Skor bertahan sampai dengan turun minum 40 menit babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Fachri Husaini menarik Yadi Mulyadi digantikan Amiruddin Bagus Kahfi dan memasukkan Fajar Fathur Rachman yang menggantikan Sutan Diego.

Menit-44 Kapten Timnas David Maulana dilanggar di dalam kotak penalti, dan wasit asal Laos Xaypaseth langsung menunjuk titik putih. Tendangan penalti di menit ke 45 dilakukan oleh Bagus Kahfi dan skor menjadi 1-2 untuk kemenangan Indonesia.

Permainan keras ditunjukkan kedua tim dan di menit ke-60 Bagas Kaffa memberikan umpan silang dan langsung ditendang Bagus Kahfi. Kedudukan 1-3 untuk Indonesia.

Insiden kartu merah terjadi pada menit ke 65 yang harus diterima Bagas Kaffa karena dianggap bermain tidak fair. Sementara pemain Vietnam Vo Nguyen Hoang juga mendapatkan kartu merah sebagai imbalan karena melakukan permainan kasar.

Di menit ke-72 Indonesia harus menerima hukuman penalti karena melanggar Ha Trung Haui. Tendangan yang dilakukan Dinh Thanh Trung dan skor menjadi 2-3.

Memasuki perpanjangan waktu di menit ke-80+3 Andre Oktaviansyah berhasil memungkasi kemenangan Indonesia setelah menjebol gawang Vietnam. Skor menjadi 2-4 untuk Indonesia hingga babak kedua berakhir.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018