"Jangan terus mengeluh..."
Padang (ANTARA News) - Wakil Menteri (Wamen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar,  mengajak mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat agar lebih produktif dan tidak banyak mengeluh dalam menjalani kehidupan.

"Jangan sampai mahasiswa kerjanya itu protes dan terlibat perdebatan yang tidak ada habisnya. Sebaiknya waktu yang ada dimanfaatkan untuk memperdalam ilmu pengetahuan," katanya saat memberikan kuliah umum terhadap mahasiswa baru UNP di Padang, Sumatera Barat, Jumat.

Archandra mengatakan mahasiswa sebaiknya terus berfikir untuk mengerjakan sesuatu yang lebih bermanfaat, bukan mengerjakan sesuatu yang tidak berguna seperti menyelesaikan persoalan yang ada di grup pertemanan, melalui aplikasi WhatsApp(WA).

Menurut dia, mahasiswa saat ini harus mampu memunculkan ide-ide baru dan dapat melihat masalah yang ditemuinya menjadi sebuah peluang.

"Jangan terus mengeluh ketika menghadapi masalah yang ditemui dalam berkarya, baik hambatan dalam bidang materi, regulasi dan lainnya. Tanamkan pemikiran positif dalam diri sehingga kehidupan ini menjadi lebih baik," katanya.

Ia mengatakan, saat ini bangsa Indonesia tertinggal karena masih berorientasi pada human resource yang membuat manusia menjadi pasif, menunggu diperintah, ditentukan gaji, dan berapa lama dia bekerja dalam satu hari.

Sementara di luar negeri, mereka telah mengubah orientasi dari human resources menjadi human capital yang membuat manusia lebih aktif dengan membuat industri ke depan membutuhkan otak daripada otot.

"Perubahan ini akan membuat pekerjaan yang berasal dari human resources akan menghilang. Tentu para mahasiswa harus mempersiapkan diri mereka sebaik mungkin," ujar Arcandra.

Baca juga: Tausiyah Wamen ESDM, cara "tegur" atasan mencontoh Nabi Musa
Baca juga: Ketika Arcandra Tahar jadi penceramah di shalat tarawih


 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018