Untuk perhelatan besar, jaringan komunikasi acap kali mengalami gangguan.
Jakarta, 4/8 (Antara) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pentingnya Traffic Management Centre (TMC) dan jaringan komunikasi saat berlangsungnya Asian Games.

"Untuk perhelatan besar, jaringan komunikasi acap kali mengalami gangguan. Karena itu, saya ingin ada jaringan telekomunikasi khusus terpisah dari jaringan seluler pada umumnya," kata Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu.

Hal tersebut dinilai dari keberhasilan Moskow mengatur kelancaran lalu lintas selama Piala Dunia berkat jaringan komunikasi yang baik dan adanya sistem command control yang terintegrasi, katanya.

"Kemarin kesuksesan Moskow itu karena satu komando dan jaringan yang digunakan adalah jaringan terpisah dari network yang biasa dipakai oleh perusahaan lain," kata Wagub.

Dinas Perhubungan akan berkoordinasi dengan TMC Kepolisian dan juga dengan seluruh aparat yang terkait.

Sistem command control yang terintegrasi harus ada dan saat Piala Dunia di Moskow, maka pejabat yang ada disana untuk mengambil keputusan melalui pantauan yang ada di CCTV dan alat komunikasi.

"Mereka juga mengapresiasi kesulitan traffic dan tapi mereka sukses menjalankannya berkat jaringan komunikasi yang baik dan ada sistem command control yang dikepalai oleh pejabat senior yang bisa mengambil keputusan," kata Sandiaga. 

Baca juga: INAPGOC siapkan fasilitas khusus di bandara untuk atlet Asian Para Games
Baca juga: Obor Asian Games sambangi Kampung Munawar

Baca juga: Jakarta operasikan LRT menjelang Asian Games
 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018