Palembang (ANTARA News) - Medical Centre Asian Games 2018 di Kompleks Pusat Kegiatan Pertandingan Jakabaring "Jakabaring Sports City" Palembang, Sumatera Selatan, siap beroperasi mendukung pelaksanaan ajang olahraga berskala internasional itu.



"Seluruh tenaga medis dan peralatan yang dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan Asian Games pada 18 Agustus - 2 September 2018 sudah siap," kata Wakil Ketua Bidang Medical Centre Palembang Trisnawarman, di Palembang, Senin.



Menurut dia, saat ini sudah ada 330 tenaga medis dan tim khusus untuk pengendalian doping Asian Games, tenaga pendukung kebersihan, kesekretariatan, dan tim keamanan khusus Medical Centre Palembang.



"Tenaga medis dan pendukung yang disiapkan itu jumlahnya sesuai standar dari Olympic Council of Asia (OCA) serta sesuai dengan kebutuhan di Palembang sebagai salah satu tuan rumah pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu," katanya.



Dia menjelaskan, di area Medical Centre pihaknya menyiapkan poliklinik untuk atlet dan umum yang beroperasi 24 jam dengan didukung beberapa dokter spesialis, petugas laboratorium, radiologi, dan fisioterapi.



Tenaga medis yang bertugas di Medical Centre Asian Games Palembang, tidak hanya siaga di poliklinik tetapi juga diturunkan di setiap arena pertandingan.



Petugas medis yang diturunkan di lapangan setiap ada jadwal pertadingan, dilengkapi dengan peralatan pertolongan pertama dan alat mini ICU untuk penanganan sementara.



Jika ada atlet yang mengalami sakit berat, pihaknya telah menyiapkan jalur evakuasi ke rumah sakit terdekat RS Bari Palembang, kemudian RS Charitas, RSUP dr Mohammad Hoesin (RSMH), dan RS Islam Siti Khadijah.



"Selain itu, kami juga berkoordinasi dengan Basarnas untuk mendapat dukungan helikopter jika terjadi penanganan atlet darurat dan harus dikirim ke negara asalnya, kata dia.


Baca juga: PSSI : Tim peserta tiba mulai 8 Agustus
Baca juga: Presiden Jokowi pastikan venue jetski dan layar siap
Baca juga: Satpol PP perempuan dikerahkan di Sudirman-Thamrin

(Y009/B015)

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018