... Pak Mahfud bisa diterima keluarga Gus Dur. Termasuk figur lain seperti Ibu Sri Mulyani, Pak Moeldoko dan Pak Airlangga Hartarto...
Jakarta (ANTARA News) - Putri Presiden Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid, mengatakan, sosok anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof Dr Mahfud MD adalah salah satu figur yang dapat diterima keluarga besar Gus Dur untuk menjadi calon wakil presiden mendampingi Presiden Jokowi. 
    
"Figur Pak Mahfud bisa diterima keluarga Gus Dur. Termasuk figur lain seperti Ibu Sri Mulyani, Pak Moeldoko dan Pak Airlangga Hartarto," ujar Yenny Wahid, di Jakarta, Rabu. 
    
Menurut Direktur Wahid Foundation itu, calon wakil presiden yang ideal bagi Jokowi adalah figur yang dapat mengimbangi semangat Jokowi untuk bekerja. Dia menilai setidaknya calon wakil presiden itu harus memiliki modal pengalaman di eksekutif, pengalaman profesional serta memiliki integritas serta moralitas yang bersih. 
   
"Sehingga tidak butuh waktu lama menuntaskan Nawa Cita," ujar Yenny. 
    
Wanita bernama lengkap Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid itu mengatakan dari empat figur bakal cawapres Jokowi yang mengemuka yakni Mahfud MD, Sri Mulyani, Moeldoko, dan Airlangga, masing-masing memiliki keunggulan sendiri. 
    
"Saat ini yang dibutuhkan masyarakat adalah kepastian hukum, jadi di situ bisa dipenuhi Pak Mahfud MD. Kalau untuk mengerti perekonomian, Ibu Sri Mulyani. Kalau Pak Moeldoko, beliau punya ketegasan dan Pak Airlangga punya kemampuan profesional," ujarnya. 
    
Yenny menilai figur-figur itu adalah orang yang bisa bekerja mendampingi Presiden Jokowi. Figur itu juga tidak pernah terkena kasus hukum masa lalu. 
   
"Intinya kita ingin kandidat yang tidak pernah terkena kasus hukum di masa lalu," kata Yenny. 

Pewarta: Rangga Jingga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018