Sebetulnya kita targetkan 1.000 orang yang mendaftar. Tapi kabar terakhir pendaftar sudah mencapai 2.000 orang
Bandung  (ANTARA News) - Sekitar 10.000 relawan akan turun ke jalan untuk ikut dalam aksi "Beberes Bandung" atau gerakan bersih-bersih pada 11-12 Agustus 2018 untuk  menyambut Asian Games dan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Sebetulnya kita targetkan 1.000 orang yang mendaftar. Tapi kabar terakhir pendaftar sudah mencapai 2.000 orang," ujar ketua harian Forum Rembug Peduli Bandung Sehat, Siska di Bandung, Kamis.

Gerakan "Beberes Bandung" ini merupakan program yang dicanangkan Pemerintah Kota Bandung untuk bersama masyarakat menjaga kota agar tetap cantik dan bersih.

Pendaftaran relawan sudah dibuka sejak beberapa hari terakhir dan akan ditutup pada Jumat (10/8) melalui tautan s.id/bbrsbdg. Selain melalui sistem daring, sebanyak 9.000 relawan dari 30 kecamatan di Kota Bandung menyatakan siap turun ke lapangan.

"Belum lagi dari Dinas Pekerjaan Umum, PD Kebersihan, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana, TNI dan Polri, itu belum terhitung. Pikir kami akan ada lebih dari 12.000 orang," katanya.

Ia menjelaskan, mekanisme program tersebut akan menitikberatkan di kewilayahan pada 11 Agustus. Sementara pada 12 Agustus, itu akan difokuskan di pusat Kota Bandung. Area yang akan dipercantik adalah Jalan Asia Afrika, Alun-alun Bandung, Gedung Merdeka, dan Gedung Sate.

Baca juga: Para relawan kebersihan kumpulkan sampah di Monas
Baca juga: Nusron Wahid: Relawan Nusantara bersihkan sampah "Aksi Kita Indonesia"


Kepala Bidang Ekonomi Kreatif pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Tris Avianti mengatakan, puluhan relawan itu akan membersihkan gorong-gorong, trotoar, mengecat tiang listrik, mengganti bunga-bunga, dan menyarungi pohon dengan kain berwarna kuning, hijau, dan biru.

"Pokoknya kami akan buat Kota Bandung kembali berbunga, lebih cantik, dan bersih untuk menyambut Hari Kemerdekaan," kata dia.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2018