Ini adalah bentuk kepedulian kita kepada penduduk Palestina
Natuna (ANTARA) - Ratusan relawan lintas agama dan sejumlah organisasi menggelar berbagai aksi damai bela Palestina di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Minggu.

Koordinator Lapangan Aksi Solidaritas Bela Palestina Rahayu Christinawati di Natuna, mengatakan, aksi damai yang dilakukan di antaranya long march, zikir bersama, penggalangan dana, pembacaan puisi dan orasi berupa pernyataan sikap.

"Aksi ini merupakan bentuk dukungan moral dan materi kepada penduduk Palestina yang saat ini sedang berjuang untuk mendapatkan kebebasan," katanya.

Baca juga: AWG galang dukungan bagi Palestina di penutupan Bulan Solidaritas 2023

Ia menjelaskan, pada aksi long march para relawan membawa bendera serta berbagai atribut Palestina dan Indonesia.

"Ini adalah bentuk kepedulian kita kepada penduduk Palestina," ucap dia.

Ia mengaku, kecewa dengan tindakan Israel yang menghadapi masyarakat sipil Palestina dengan kekerasan.

Ia berharap penyerangan segera dihentikan dan mendorong dunia internasional untuk melakukan penyelidikan atas kejahatan kemanusiaan yang dilakukan Israel tersebut.

"Kami menyerukan negara-negara dunia, negara-negara Arab memutuskan hubungan diplomatik ke Israel sampai Palestina merdeka," ujar dia.

Baca juga: Israel: Perundingan soal kelanjutan jeda di Gaza temui jalan buntu

Penyerahan hasil penggalangan dana dari relawan ke Baznas Natuna (ANTARA/Muhamad Nurman)


Sementara, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Natuna Wan Suhardi mengatakan, uang yang terkumpul dari penggalangan dana selama aksi tersebut sebanyak Rp25 juta.

Dana tersebut kata dia akan diserahkan kepada Baznas Pusat untuk disalurkan kepada penduduk Palestina. Sebelumnya Baznas Natuna telah mentransfer ke Baznas Pusat sebesar Rp175 juta..

Baca juga: Bertemu di Dubai, Jokowi dan Sekjen PBB bahas situasi di Gaza

Pewarta: Muhamad Nurman
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023