Aksi damai tersebut kembali dilaksanakan untuk meminta masyarakat, khususnya pemerintah mendukung dan membantu kemerdekaan Palestina
Kota Bengkulu (ANTARA) - Ratusan masyarakat Bengkulu yang tergabung dalam Aliansi Bengkulu Aksi Damai untuk Al-aqsha kembali melaksanakan aksi damai bela dan mengumpulkan donasi untuk korban Palestina di Simpang Lima Ratu Samban Kota Bengkulu.

Aksi damai tersebut kembali dilaksanakan untuk meminta masyarakat, khususnya pemerintah mendukung dan membantu kemerdekaan Palestina.

Baca juga: Presiden Jokowi: Kekerasan di Gaza harus dihentikan
 
"Terkait dengan aksi hari ini atau Bengkulu damai untuk Al-aqsha jilid dua ini menyikapi eskalasi konflik yang makin membesar di Palestina Gaza, karena hari ini pasukan dari Amerika dan Inggris sudah membantu tentara Israel dalam mengepung umat Islam di Palestina. Maka dalam hal ini kami dari masyarakat Muslim Bengkulu bersama-sama memberikan solidaritas untuk bisa mendoakan Palestina dan menempatkan posisi kami sebagai bangsa yang akan selalu bersama Palestina," kata Koordinator Aksi Riki Pratama Putra di Kota Bengkulu, Jumat.
 
Pihaknya juga meminta agar Presiden RI Joko Widodo untuk bisa menyuarakan secara serius desakan kemerdekaan terhadap Palestina.
 
Sebab tidak lagi cukup dengan kecaman, do'a ataupun uang dari masyarakat namun negara harus mengambil alih tanggungjawab sebagai pemimpin untuk berperan lebih besar.
 
"Dalam hal ini kami meminta barangkali bisa dikirim pasukan perdamaian untuk membantu saudara kita di Palestina agar konflik mereda," ujar dia.
 
Selain itu, pihaknya juga mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengambil tindakan berupa sanksi terhadap Israel karena telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat.

Baca juga: Ratusan pemuda Maluku gelar aksi solidaritas untuk Palestina
 
Aliansi Bengkulu Aksi Damai untuk Al-aqsha (Badai Al-aqsha) yaitu mengutuk keras pelanggaran HAM berat, kejahatan Genosida yang dilakukan oleh Israel terhadap warga Palestina di Gaza sehingga menyebabkan meninggalnya ribuan warga Palestina.
 
Massa, juga  mendesak PBB dan masyarakat internasional mendesak Israel untuk menghentikan isolasi, aneksasi dan agresi kepada Palestina serta membuka akses bagi bantuan kemanusiaan agar dapat masuk ke wilayah Gaza.
 
Sementara itu, donasi yang dibuka untuk membantu masyarakat di Palestina hingga saat ini telah terkumpul Rp30 juta dari target Rp50 juta.
 
Oleh karena itu bagi masyarakat yang ingin membantu dapat mengirimkan bantuan melalui rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) 7222310894 atas nama Yayasan Tebar Bahagia Semesta.

Baca juga: MUI siapkan surat audiensi dengan Dubes AS terkait isu Palestina

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023