Jakarta (ANTARA News) - Koordinator Lapangan Nick Marahman mengungkapkan bahwa acara pemberangkatan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres), Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, dari Gedung Joang 45, Jakarta, dilakukan secara sederhana.

"Karena ini tidak ada pengerahan massa, acara sederhana mungkin karena kita masih suasana duka gempa Lombok," kata Nick saat ditemui di halaman Gedung Joang 45.
Dia mengungkapkan acara dimulai dengan penandatanganan dokumen KPU oleh Capres-Cawapres beserta Partai Politik pendukung, dilanjutkan pengenalan Capres-Cawapres dan ditutup doa.

"Tidak ada pidato, dan selanjutnya dilepas dengan shalawat badar saat berangkat ke KPU," kata Nick.

Dia juga menyebut bahwa calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres), Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan naik mobil dan diiringi Ketua Umum dan Sekjen Parpol pendukung.

"Ya sekitar 10 mobil saja rencananya. Tapi saya tidak tahu perkembangan di lapangan," katanya.

Dia juga mengatakan sebagaian besar relawan sudah menunggu di KPU, sehingga diharapkan tidak ada pengerahan massa saat berjalan ke KPU.

Joko Widodo bersama pasangannya, Ma'ruf Amin memilih Gedung Joang 45 untuk berkumpul sebelum mendatangi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari Jumat (10/8) pagi untuk mendaftarkan sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) menghadapi Pemilu Presiden 2019.

"Kesepakatan sementara para sekjen parpol koalisi, pasangan capres-cawapres yang didampingi para ketua umum dan sekjen, berkumpul di Gedung Joang 45 Menteng dan kemudian beriringan ke kantor KPU," kata Sekretaris Jenderal Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI),  Verry Surya Hendrawan, di Jakarta, Kamis.

Menurut Verry, KPU mengharapkan saat mendaftar, rombongan pasangan capres-cawapres jumlahnya terbatas, sehingga sekjen parpol koalisi pendukung Jokowi akan mematuhi arahan tersebut. "Jumlah rombongannya akan terbatas, sesuai arahan KPU. Apalagi, saat ini juga masih dalam suasana duka bencana gempa di Lombok," katanya.

Very menambahkan setelah mendaftar akan dilanjutkan dengan sholat berjamaah di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta, yang lokasinya tidak terlalu jauh dari kantor KPU.

Baca juga: Pasangan Jokowi-Ma'ruf daftar di KPU Jumat pagi

Baca juga: Jokowi-Ma'ruf kumpul di Gedung Joang 45

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018