Chili-Peru tuan rumah final kompetisi klub Amerika Selatan 2019

Chili-Peru tuan rumah final kompetisi klub Amerika Selatan 2019

Arsip - Juan Angel Napout, Presiden Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) (REUTERS/Joege Adorno )

Asuncion, Paraguay (ANTARA News) - Chile telah terpilih menjadi tuan rumah final Copa Libertadores 2019, yang pertama dimainkan sebagai satu kali pertandingan saja di tempat netral, Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) mengatakan pada Selasa.

Kompetisi klub-klub di Amerika Selatan yang setara dengan Liga Champions itu akan berlangsung di Stadion Nasional di Santiago, kemungkinan pada bulan November tahun depan.

Sementara Stadion Nasional di Lima akan menjadi tuan rumah final Copa Sudamericana 2019, kompetisi benua yang setara dengan Liga Eropa, CONMEBOL menambahkan.

Baca juga: Copa America akan diikuti 16 negara mulai 2019

Keputusan itu diumumkan setelah CONMEBOL memeriksa kota-kota yang menjadi kandidat sekaligus mengevaluasi apakah mereka cocok untuk menjadi tuan rumah pertandingan.

Penelitian ketat tentang organisasi, logistik, keamanan, teknologi, akomodasi, dan transportasi dilakukan CONMEBOL.

Meskipun belum ada tanggal yang diumumkan untuk tahun 2019, final tahun ini akan berlangsung pada bulan November dan Desember.

CONMEBOL mengubah format kompetisi menjadi final hanya satu pertandingan saja setelah beberapa dekade kontes dilakukan dengan formasi home-and-away sehingga memancing protes para penggemar karena besaran biaya hanya merupakan faktor bagian kecil untuk Eropa dan ongkos penerbangan yang panjang sangat mahal.

Untuk mengkompensasi klub atas hilangnya pendapatan sebagai tuan rumah, CONMEBOL mengatakan, setiap finalis akan mendapat 25 persen dari penjualan tiket final.

Reuters/D011

Baca juga: CONMEBOL dukung AS-Meksiko-Kanada tuan rumah Piala Dunia 2026

Pewarta: -
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Indonesia siap jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021

Komentar