Jakarta (ANTARA) - Seniman peran asal Kanada Keanu Reeves mengakui bahwa dirinya pernah mendapatkan pengalaman mengesankan lewat sebuah kursus singkat pelajaran gitar bass dari pembetot bass eksentrik band Red Hot Chili Peppers (RHCP), Flea.

Bintang film "John Wick" yang juga bermain bass untuk band grunge Los Angeles bernama Dogstar itu mengungkapkan pengalamannya berguru kepada Flea dalam sebuah video yang diunggah di kanal resmi Fender.

"Saya ingat pernah syuting sebuah film, kemudian ada Flea juga di film itu. Yah, atau saya yang berada satu film dengan Flea. Waktu itu, ada sebuah rumah yang di dalamnya ada amplifier, instrumen musik, dan sejenisnya," kata Reeves seperti dilansir dari NME, Minggu.

Saat itulah, seolah tak mau membuang kesempatan emas, Reeves lantas menghampiri Flea dan meminta sang personel Red Hot Chili Peppers itu mengajarinya beberapa trik bermain bass.

"Dia lantas menjawab, 'tentu saja, Man!‘ Setelah itu dia langsung memainkan semacam...(Reeves menirukan gestur permainan solo bass kompleks) dan saya cuma bilang, 'oke, jadi gimana?' Flea bilang bahwa yang penting adalah memainkan dan menjiwai bass," kata Reeves seraya tersenyum.
 
Pemain bass Red Hot Chili Peppers Michael Peter Balzary alias Flea (kanan) saat membintangi film "My Own Private Idaho" tahun 1991.(ANTARA/YouTube/Phoenix Cuts)


Reeves dan Flea memang sama-sama pernah membintangi sebuah film berjudul "My Own Private Idaho" yang disutradarai oleh Gus Van Sant dan dipasarkan pada tahun 1991. Pada sesi video di kanal Fender, Reeves juga bercerita perihal awal dirinya terjun ke dunia musik dan tak pernah menggeluti instrumen bass secara total.

"Saya merasa seperti binatang liar yang bermain dengan sepotong kayu. Saya tidak banyak mendengarkan, mencari tahu, atau mengulik lagu. Saya menyesali hal itu. Saya hanya memainkan bass dan tidak punya teori apapun," kenang Reeves.

Berbicara soal instrumen bass pertamanya, Reeves bilang kali pertama dia memilikinya ketika pria bernama lengkap Keanu Charles Reeves itu berusia 22 tahun.

"Sepertinya tahun 1986. Saya berkunjung ke Hollywood Guitar Center dengan membawa angan-angan untuk mendapatkan sebuah bass gitar. Seingat saya, akhirnya saya malah membeli bass dari seorang pria yang menjualnya tidak di sebuah toko, tapi dari semacam obral barang tempat parkir. Jadi semacam kesepakatan transaksi narkoba dalam bentuk bass," ujar Reeves tersenyum.

Band Dogstar sendiri sudah terbentuk selama sebelas tahun sejak 1991 hingga dan 2002 dengan merilis dua album studio bertajuk "Our Little Visionary " (1996) dan "Happy Ending" (2000). Selama masa karantina wilayah akibat pandemi tahun 2020, band kembali berkumpul dan menulis banyak lagu yang terbilang cukup untuk masuk ke dalam sebuah album baru.

Reeves dan Dogstar lantas merilis album ketiga yaitu "Somewhere Between the Power Lines and Palm Trees" pada awal bulan ini dan tampil live perdana pada BottleRock Festival di Napa, California setelah tidur panjang selama dua dekade.

Baca juga: Dogstar, band Keanu Reeves, bakal rilis album baru pada 6 Oktober

Baca juga: Rumah produksi isyaratkan pembuatan film "John Wick 5"

Baca juga: Keanu Reeves hanya bicara 380 kata di "John Wick: Chapter 4"

Penerjemah: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023