Jakarta (ANTARA News) - Walikota San Fransisco, Amerika Serikat, London Breed menetapkan tanggal 17 Agustus 2018 sebagai 'Indonesian-American Friendship and Heritage Day', sebagaimana disampaikan oleh Chief of Protocol kantor Walikota Charlotte M Schults di San Fransisco, AS.
    
Menurut keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis, pada hari Selasa (14/8) lalu, bendera Merah Putih dikibarkan di atas gedung Balai Kota San Fransisco, atas kerja sama KJRI San Fransisco dengan Kantor Walikota, dalam rangka menyambut perayaan HUT RI ke-73 pada tanggal 17 Agustus 2018.
    
Acara pengibaran bendera itu dipimpin oleh Charlotte M. Schultz yang merupakan Chief of Protocol pada Kantor Walikota San Francisco mewakili Walikota, serta Plt Konsul Jenderal RI San Francisco Hanggiro Setiabudi.
     
Dalam sambutannya Chief of Protocol menyampaikan bahwa KJRI San Francisco dan Masyarakat Indonesia yang tinggal di kota itu telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan.
     
Mereka juga telah turut serta memperkaya kota San Francisco sebagai pusat kebudayaan internasional, perdagangan dan pariwisata.
     
Ia juga menyampaikan Dokumen Proklamasi dari Walikota San Francisco, London Breed, kepada plt. Konjen RI San Francisco dimana dokumen Proklamasi tersebut menetapkan bahwa tanggal 17 Agustus 2018 adalah sebagai “Indonesian-American Friendship and Heritage Day di San Francisco.
   
Sementara itu, dalam sambutannya, Plt Konjen RI Hanggiro Setiabudi mengatakan bahwa hubungan Indonesia dan AS, khususnya California Utara dan San Fransisco, telah terjalin dengan sangat baik dan melalui semangat ini, hubungan persahabatan dan saling pengertian antara kedua negara beserta masyarakatnya diharapkan dapat lebih meningkat.
    
Ia juga menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih atas dukungan kantor Walikota San Fransisco pada berbagai kegiatan KJRI, khususnya pada penyelenggaraan Indonesia Day di Union Square beberapa tahun yang lalu. 
    
Ia pun berharap dukungan tersebut dapat tetap diberikan di tahun-tahun yang akan datang.
     
Setelah pengibaran bendera Merah Putih di Balkon Utama Gedung Walikota, serta menyanyikan lagu Indonesia Raya, Chief of Protocol Walikota San Fransisco mengajak para hadirin untuk mengeningkan cipta sejenak sebagai ungkapan duka terhadap korban gempa bumi di Lombok yang terjadi beberapa waktu lalu.
     
Turut hadir dalam acara tersebut Clayton M. Stanger, Regional Director Office of Foreign Mission in San Francisco; Mark Chandler, Director for Trade and Commerce; Dr. Jay Xu, Executive Director of Asian Art Museum in San Francisco; Margaret Conley, Executive Director the Asia Society of Northern California dan 25 orang perwakilan dari Masyarakat Indonesia dan staf KJRI San Francisco.

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018