Fokus menyerang Suriah ke gawang lawan rupanya membuka celah di lini pertahannya yang dimanfaatkan secara maksimal oleh penyerang Timor Leste melalui serangan balik.
Cikarang (ANTARA News) - Tim nasional Suriah unggul sementara 2-1 atas Timor Leste hingga berakhirnya babak pertama babak penyisihan Grup C sepak bola putra Asian Games XVIII/2018, Minggu malam.
   
Tampil di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, trio penyerang Suriah, Shalha, Koaeh dan Kurdaghli berulang kali lolos dari sergapan pemain belakang Timor Leste dengan membuka peluang gol lewat taktik umpan pendek serta tendangan spekulasi jarak jauh.
     
Namun gawang lawan selalu terselamatkan oleh tangkapan maupun tepisan tangan kiper Fernandes yang dipaksa bekerja keras sejak menit awal pertandingan.
     
Fokus menyerang Suriah ke gawang lawan rupanya membuka celah bagi lawan di lini pertahannya yang dimanfaatkan secara maksimal oleh penyerang Timor Leste melalui serangan balik.
   
Adalah Walter Gama yang meringsek masuk dari lni tengah menuju zona bertahan Suriah tanpa kawalan bek belakang lawan.
   
Ancaman tersebut memancing kiper Suriah, Ibrahim, keluar dari kotak penaltinya untuk berduel dengan Gama.
   
Gocekan cepat pemain berusia  20 tahun itu sukses mengecoh sang kiper hingga dengan mudah menceploskan si kulit bundar ke dalam gawang Suriah.
   
Gama sukses mencatatkan namanya di papan skor 1-0 untuk keunggulan sementara Timor Leste pada menit ke 14 pertandingan babak pertama.
   
Gol balasan tercipta bagi Suriah lewat peluang di menit ke 32 yang dibuka oleh Salha di dalam kotak penalti lewat serangan sayap.
   
Operan tersebut dikonversi menjadi gol balasan oleh Zakria Hannan melalui sontekan tajam di mulut gawang yang sulit dihadang penjaga gawang Fernandes. Skor imbang 1-1 untuk kedua tim.
   
Tim besutan Muhannad  Alfakeer itu kembali membuat kiper Timor Leste harus memungut bola dari dalam gawangnya usai penyerang Suriah Albaher membalikan ketertinggalan gol lewat sundulan di menit 42.
   
Operan lambung dari sisi sayap itu diumpan oleh rekannya, Koaeh, secara akurat ke mulut gawang lalu disambar Albaher dengan sundulan ke sudut gawang.
   
Skor 2-1 untuk keunggulan sementara Suriah atas Timor Leste bertahan hingga wasit asal Irak, Zaid Mohammed, meniupkan peluit tanda turun minum.

Daftar pemain:

Pemain Timor Leste: Aderito Raul Fernandes (GK), Jose Guterres Silva, Candido Monteiro de Olibiera, Jorge Sabas Victor (C), Nataniel de Jesus Reis, Rufino Walter Gama, Henrique Wilson da Cruz Martins, Gelvanio Marcal Alberto, Gumario Augusto Fernandes, Nelson Sarmento Viegas, Filomeno Junior da Costa.


Pemain Suriah: Khaled Ibrahim (GK), Hussein Al Shuayb (C), Youssef Alhamwi, Jihad Busmar, Fares Arnaout, Mahmood Albaher, Mouhamad Anez, Mohammed Kamel Koaeh, Khaled Kurdaghli, Zakaria Hannan, Abduhadi Shalha.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018