Jakarta (ANTARA News) - Panitia penyelenggara Asian Games 2018 membebaskan biaya masuk untuk pengunjung yang ingin menonton pertandingan final bulu tangkis beregu putra tim nasional Indonesia melawan China di kompleks olahraga Gelora Bung Karno Jakarta hingga pukul 21.00 WIB.
      
Dari pantauan antara di lokasi gerbang 5 mulai dibuka untuk pengunjung tanpa tiket sekitar pukul 17.00 WIB, dan hingga pukul 20.00, banyak warga masih terus memasuki kompleks GBK.
   
“Informasi resminya telah disiarkan di akun Instagram sekitar pukul 16.00 WIB, tidak lama setelah itu, beberapa gerbang telah dibuka untuk masyarakat tanpa diminta tiket atau dipungut biaya,” kata petugas, Nur, saat ditemui di area Gerbang 5, Rabu.
   
Akun resmi sosial media instagram @asiangames2018 mengumumkan bahwa tiket pertandingan final bulu tangkis beregu putra antara Indonesia dan China telah terjual habis baik di loket ataupun pembelian daring.
    
“Kalian masih bisa menyaksikan pertandingan final antara Indonesia dan China melalui streaming di vidio.com atau nonton bareng di Asian Fest Zona Bhin-Bhin dan Zona Atung di kompleks olahraga GBK,” kata panitia melalui akun resmi Instagramnya.
     
Pengunjung tanpa tiket yang ingin masuk dan menyaksikan pertandingan final di GBK dapat masuk dari Gerbang (Gate) 5 dan 6. 
    
“Pintu dibuka untuk umum sampai pukul 21.00 WIB, dan saat mereka di dalam dapat menonton pertandingan melalui layar di Zona Bhin-Bhin dan Zona Atung. Mereka juga bebas berkeliling untuk hari ini saja,” tambah Nur.
  
Di kesempatan berbeda, seorang pengunjung tanpa tiket, Neni mengatakan dirinya bersyukur panitia mendengar permintaan ratusan calon penonton yang meminta acara nonton final bersama di kompleks olahraga GBK.
     
“Syukurlah panitia mendengar permintaan kami. Banyak dari kami telah menganteri depan loket untuk membeli tiket sejak jam 8 pagi. Permintaan kami jika tidak ada tambahan tiket, adakan acara nonton bareng di dalam,” kata Neni, pengunjung asal Makasar, Sulawesi Selatan yang ditemui di Zona Bhin-Bhin, Rabu.
    
Walau gratis, pengunjung tetap harus melalui pemeriksaan petugas sebelum memasuki kompleks olahraga GBK di Gerbang 5 dan Gerbang 6.
    
Panitia penyelenggara Asian Games 2018 membuka kompleks olahraga GBK dan menyediakan dua layar besar di panggung Asian Fest di Zona Bhin-Bhin dan Zona Atung untuk pengunjung yang kehabisan tiket pertandingan final bulu tangkis beregu putra Indonesia versus China.
    
Dari pantauan antara di lokasi, lebih dari 500 orang berkumpul di Zona Bhin-Bhin untuk menyaksikan pertandingan final bulu tangkis beregu putra yang diawali duel Anthony Sinisuka Ginting melawan urutan dua dunia Shi Yuqi pada pukul 18.00 WIB.
  
Untuk final bulu tangkis beregu putra, timnas Indonesia menurunkan Anthony Sinisuka Ginting (tunggal pertama), Jonatan Christie (tunggal kedua), dan Ihsan Maulana Mustofa (tungga ketiga), Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (ganda utama), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ganda kedua). 

 

(T. KR-GNT/

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018