Jakarta (ANTARA News) - China berhasil memastikan diri sebagai juara Grup Y bola basket putri Asian Games 2018 seusai membantai Hong Kong 123-31 dalam laga penyisihan di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis.

Kemenangan itu menyempurnakan catatan China si fase penyisihan dengan memenangi empat laga yang dijalani.

Di perempat final yang berlangsung Minggu (26/8), China akan menghadapi peringkat keempat Grup X, yang masih diperebutkan oleh India dan tuan rumah Indonesia.

Dua penggawa China membukukan double-double dalam kemenangan tersebut, yakni Han Xu dan Li Yueru, masing-masing lewat 26 poin dan 10 rebound serta 18 poin dan 11 rebound.

Lima pemain China lainnya juga mencapai raihan angka dua digit, yakni Huang Sijing (13), Sun Mengran (12), Li Meng (10), Wang Xuemeng (10) dan Liu Jiacen (10).

Hal yang kontras terjadi di kubu Hong Kong, tak satu pun pemain mereka mencapai angka dua digit, Cheuk Ting jadi penyumbang angka terbanyak dengan 9 poin.

Baca juga: Jadwal bola basket hari ini, penentuan nasib putri India-Indonesia

Perbedaan kualitas roster terasa sejak pertandingan dimulai, China melejit mengungguli Hong Kong 31-12.

Pada kuarter kedua, China mencetak 29 poin tambahan untuk menegaskan keunggulan mereka atas Hong Kong menjadi 60-22.

Kuarter ketiga jadi periode 10 menit tersubur bagi China dengan catatan 37 poin demi meninggalkan jauh Hong Kong 97-27.

Pada kuarter keempat, jadi masa raihan poin terrendah China yakni "hanya" 26 poin, namun hal itu cukup untuk memastikan kemenangan telak mereka atas Hong Kong dengan skor akhir 123-31.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018