Palembang (ANTARA News) - Pedayung putri Vietnam kebagian satu dari delapan medali emas yang diperebutkan di venue dayung Asian Games XVIII, Jakabaring Sports City (JSC) Palembang, Kamis.

Medali emas yang diraih atlet Vietnam itu dari kelas ringan empat putri (Lightweight Women's Quadruple Sculls/LW4X) setelah mengungguli lawan beratnya tim dayung Iran dan Korea Bersatu.

Atlet Vietnam yang meraih medali emas dari venue Asian Games XVIII di Palembang yakni Luong Thi Thao, Ho Thi Ly, Ta Thanh Huyen, dan Pham Thi Thao.

Sementara atlet Iran peraih medali perak kelas ringan empat putri (LW4X) itu yakni Karami Maryam, Javar Mahsa, Rahmani Nazanin, dan Omidiparsa Maryam.

Sedangkan Korea yang harus puas berada di posisi ketiga atau memperoleh medali perunggu diperkuat pedayung Jung Hyeri, Ku Boyeun, Choi Yuri, dan Ji Yoo Jin.  

Selain Vietnam, pedayung Uzbekistan yang turun di final nomor rowing kelas ganda putra (Men's Double Sculls/M2X) juga berhasil meraih satu dari delapan medali emas yang diperebutkan di venue dayung JSC Palembang.

Pedayung Uzbekistan, Kholmurzaev Shakhboz dan Abdujabborov Shakhboz berhasil 'mencuri" satu medali emas setelah memenangkan lomba melawan atlet China yang sebelumnya mendominasi perolehan medali emas.

Pedayung China, Zhang Zhiyuan dan Chen Sensen yang berpeluang menambah kemenagan timnya menyapu bersih delapan emas yang diperebutkan dalam final pertama nomor rowing itu, harus nengakui ketangguhan atlet Uzbekistan dan cukup puas dengan posisi kedua atau memperoleh medali perak.

Sementara di posisi ketiga atau medali perunggu kelas ganda putra (Men's Double Sculls/M2X) diraih pedayung Thailand yang diperkuat pedayung Nampratueng Prem dan Saensuk Jaruwat.

Tim dayung China yang turun di final nomor rowing Asian Games XVIII di venue dayung Jakabaring Sports City (JSC) Palembang, Kamis (23/8), mendominasi perolehan medali emas.

Dalam final tersebut ada delapan medali emas yang diperebutkan, namun dari jumlah itu enam emas di antaranya diraih atlet dayung putra dan putri China.

Enam medali emas yang diraih atlet China yakni kelas ganda putri (Women's Pair/W2-), ganda putra (Men's Pair/M2-), ganda putri (Women's Double Sculls/W2X), tunggal putri (Women's Single Sculls/W1X), tunggal putra (Men's Single Sculls/M1X) dan kelas ringan empat putra (Lightweight Men's Four/LM4).

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018