Sangat disayangkan terjadi tindakan represif oleh massa gerakan #2019GantiPresiden terhadap salah satu kader PMII cabang Makassar."
Jakarta (ANTARA News) - Para pimpinan kelompok Cipayung mendesak polisi untuk segera menangkap penanggung jawab kegiatan deklarasi #2019GantiPresiden yang digelar beberapa waktu lalu di Makassar, Sulawesi Selatan, karena kegiatan tersebut telah menyebabkan salah seorang kader kelompok Cipayung mengalami luka.

Dalam siaran pers, Kamis, menyebutkan empat organisasi yang tergabung dalam kelompok Cipayung yakni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menyatakan mengecam keras kasus pemukulan terhadap anggota PMII cabang Makassar bernama Muhadir tersebut.

Ketua ormas Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Didin Indra Saputra mengatakan tindakan represif massa gerakan #2019GantiPresiden terhadap Muhadir, sangat meresahkan bila tidak diproses hukum.

"Sangat disayangkan terjadi tindakan represif oleh massa gerakan #2019GantiPresiden terhadap salah satu kader PMII cabang Makassar," kata Didin.

Menurut dia, maraknya kampanye sebelum waktu yang ditentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU), telah meresahkan karena menimbulkan perpecahan di sejumlah daerah.

Sementara Ketua PMII cabang Makassar, Ashari Bahar mengatakan bahwa acara deklarasi tersebut sebenarnya tidak diizinkan polisi, namun acara tetap digelar.

Ashari pun khawatir dengan tujuan dari deklarasi tersebut. "Di acara tersebut, banyak tokoh yang berniat merubah sistem negara menjadi sistem khilafah. Jika niat mereka tercapai, maka kemajemukan bangsa akan hancur lebur," kata Ashari.

Sebelumnya, Deklarasi #2019GantiPresiden digelar di Monumen Mandala, Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu (12/8).

Dalam deklarasi tersebut, berkumpul massa yang memakai kaos berwarna putih bertuliskan #2019GantiPresiden. Ustadzah Neno Warisman yang hadir dalam deklarasi tersebut, ikut berpidato membakar semangat para relawan.

Baca juga: Presiden terima alumni Kelompok Cipayung di Istana

Baca juga: Pemuda Pancasila Riau ancam segel bandara terkait deklarasi #2019gantipresiden

Baca juga: Lawan Jokowi baru tagar #2019gantipresiden

Baca juga: MUI imbau hentikan gerakan #2019GantiPresiden

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018