Jakarta (ANTARA News) - Tim putra Thailand menundukkan Vietnam 3-1 (19-25, 25-21, 25-21, 25-21) dalam pertandingan lanjutan Pool E yang berlangsung di Tennis Indoor GBK, Senayan, Jakarta, Jumat malam.

Dalam pertandingan bertajuk duel sesama negara Asia Tenggara ini, Vietnam langsung bermain menyerang sejak awal set pertama.

Thailand yang tampak belum siap memulai permainan, tertinggal hingga kedudukan 6-13, setelah spike Trong Nghia Quan menyulitkan tim asuhan Supajirakul Monchai.

Meski Thailand memberikan perlawanan, Vietnam yang mencatatkan total 18 spike pada set awal ini, langsung menutup set pertama dengan 25-19 dalam 26 menit.

Pada awal set kedua, Thailand mulai mengencarkan serangan ke lini pertahanan Vietnam, yang dikomando libero Trung Truc Huynh, hingga sempat memimpin 6-5.

Tim negeri gajah putih masih unggul 11-9, ketika pengembalian bola Kissada Nilsawai gagal diantisipasi secara sempurna oleh pertahanan Vietnam.

Dalam periode ini, Thailand telah mencatatkan 10 spike hingga "technical time out" yang kedua, untuk menciptakan kedudukan sementara 16-13.

Vietnam yang ulet mulai mengejar ketertinggalan hingga 17-18, namun setelahnya Thailand mulai menjauh karena blok-blok yang kurang sempurna dari lawan.

Thailand memastikan keunggulan di set kedua 25-21, setelah servis Thanh Thuan Tu melebar di belakang lapangan lawan.

Skor ketat yang terjadi di awal set kedua, terulang kembali di awal set ketiga, melalui aksi berbalas spike yang membuat Thailand sempat unggul tipis 8-7.

Thailand yang memiliki keunggulan blok yang rapat serta serangan mematikan langsung memimpin 18-13, setelah spike Kantarat Koonmee tidak mampu dihadang pemain Vietnam.

Serangan cepat Thailand membuahkan hasil untuk menutup set ketiga 25-21, melalui permainan gemilang Kissada Nilsawai.

Thailand yang meraih momentum di dua set sebelumnya, langsung memimpin 7-4 pada awal set keempat berkat permainan cepat Kantarat Koonmee.

Penempatan bola Chatmongkhon Paketkaeo yang mengelabui pertahanan Vietnam, menjadikan Thailand unggul sementara 17-12.

Banyaknya kesalahan yang dibuat pemain Vietnam, membuat Thailand melaju dengan mudah dan meraih kemenangan 25-21 di set keempat.

Dengan hasil ini, maka Thailand memastikan diri sebagai pemuncak Pool E, sedangkan Vietnam dipastikan tersingkir dari turnamen.

Dalam pertandingan sebelumnya, Vietnam yang secara mengejutkan mampu mengalahkan China 3-2 dalam laga pertama, malah kalah dari Sri Lanka tiga set langsung di partai kedua.

Sedangkan, Thailand yang unggul 3-1 atas Sri Lanka di laga pertama, justru mengalami kekalahan dari China 2-3 di pertandingan kedua, meski telah memimpin terlebih dahulu dalam dua set awal.  

Sementara itu, pertandingan lainnya yang berlangsung di GOR Bulungan, tim unggulan Iran menekuk Mongolia 3-0 (25-18, 25-19, 25-20) dalam laga lanjutan Pool B.

Tim unggulan lainnya Korea Selatan juga mengalahkan Nepal tiga set langsung (25-16, 25-13, 25-14) dalam laga lanjutan Pool D dan Qatar juga menang atas Hong Kong 3-0 (25-16, 25-22, 25-18) dalam laga lanjutan Pool F.

Dengan hasil ini, Iran, Korea Selatan dan Qatar makin memantapkan diri sebagai pemuncak di grupnya masing-masing.

Pewarta: Satyagraha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018