Jakarta (ANTARA News) - Pereli nasional Rizal Sungkar menilai penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang tidak hanya menghadirkan persaingan sportivitas di arena olahraga, tetapi juga mampu menghadirkan aura positif bagi bangsa Indonesia. 

"Asian Games 2018 menjadi aura positif untuk seluruh masyarakat indonesia agar juga bisa menjadi bangsa yang sportif dalam setiap lini kehidupan," kata Rizal di Jakarta, Minggu.

Putra pasangan pereli Helmy Sungkar dan Kamaria Ekawanti ini mengaku bangga melihat penyelenggaraan Asian Games 2018 yang sudah memasuki hari kedelapan ini. 

Ia melihat mulai dari masa persiapan sampai penyelenggaraan, dukungan pemerintah dan masyarakat sangat besar. 

"Ini akan menjadi modal besar bagi Indonesia untuk berbicara lebih banyak lagi di kancah internasional," kata juara nasional sprint rally 2017 itu.

Ia juga merasa hawa sportivitas yang dibawa Asian Games 2018 sangat positif bagi segenap anak bangsa. 

"Olahraga membuat orang menjadi lebih positif maka anak-anak bangsa harus mengambil hikmah dan hal positif ini dalam kehidupan sehari-hari," ujar Rizal.

Baca juga: Rizal Sungkar rajai Kejurnas Sprint Rally 2017

Yang jelas, kata pereli bernama lengkap Rizal  Harsya Sungkar ini, setelah Asian Games 2018 berakhir, Indonesia memiliki fasilitas olahraga kelas dunia. 

"Ini juga harus dimaksimalkan untuk kemajuan generasi bangsa di masa depan," kata adik pereli Rifat Sungkar ini.

Baca juga: Rizal Sungkar susah payah juarai Merdeka Sprint Rally

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018