Jakarta (ANTARA News) - Tim bola basket putri Jepang berhasil menumbangkan Kazakhstan 104-57 dalam laga perempat final Asian Games 2018 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu.

Kemenangan itu mengantarkan Jepang melangkah ke semifinal Asian Games 2018, menanti pemenang laga perempat final lain antara China menghadapi Indonesia.

Jepang sukses membuktikan bahwa kekalahan postur tubuh tak menghentikan peluang mereka untuk meraih kemenangan atas Kazakhstan.

Tak kurang dari enam penggawa mereka meraih dua digit poin di laga tersebut, dipimpin Aya Watanabe dan Tamami Nakada yang sama-sama mencetak 19 poin, kemudian kapten tim Mio Shinozaki 18 poin.

Selanjutnya Kadysah Juna Umezawa mencetak 11 poin, sedangkan Saki Hayashi dan Shiori Yasuma masing-masing 10 poin.

Di kubu Kazakhstan Nadezhda Kondrakova mengemas 4 poin, Zalina Kurazova 11 poin dan Anna Vinokurova 10 poin.

Sementara Jepang melakoni laga semifinal pada Kamis (30/8), Kazakhstan akan mengikuti rangkaian pertandingan pemeringkatan bersama tiga tim lain yang kalah di perempat final pada Selasa (28/8).

Baca juga: Kalahkan Mongolia, Chinese Taipei tim pertama capai semifinal basket putri

Baca juga: Hempaskan Thailand, Korea tantang Chinese Taipei di semifinal basket putri


Jepang sempat mendapat perlawanan ketat dari Kazakhstan saat skor sama kuat 10-10 di sisa waktu 5 menit 26 detik kuarter pertama, ketika Kondrakova menceploskan lay up.

Kazakhstan bahkan sempat beberapa kali mengambil alih keunggulan, beruntung kuarter pertama ditutup dengan skor 22-21 untuk Jepang berkat tembakan tripoin Watanabe.

Jepang kemudian menegaskan keunggulan mereka lewat rentetan poin 12-2 di separuh awal kuarter kedua, sebelum menyudahi paruh pertama pertandingan dalam keunggulan berjarak 17 poin atas Kazakhstan dalam skor 45-28.

Pendekatan fisik yang diterapkan Kazakhstan rupanya tak terlampau berhasil menggentarkan Jepang, bahkan menimbulkan frustrasi di antara para pemain Kazakhstan. Alhasil di sisa waktu 6 menit 20 detik Oxana Ivanova sempat meminta untuk diganti yang berakhir adu mulut dengan pelatihnya sendiri, Evgenni Ovsiannikov.

Di kuarter tersebut, Kazakhstan hanya mencetak 18 poin sementara gagal membendung Jepang yang mengantongi 28 poin tambahan. Jepang kian unggul 73-46 saat menyudahi kuarter ketiga.

Pada kuarter keempat Ivanova sempat kembali melantai untuk Kazakhstan, namun tak serta merta mengubah keadaan, Jepang malah mencetak 31 poin lagi untuk meraih kemenangan telak 104-57.

Baca juga: Jadwal perempat final basket putri

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018