Terima kasih masyarakat Indonesia, berkat doa dan dukungannya, sampai hari ini sudah 20 medali emas diraih 'pahlawan-pahlawan' olahraga bangsa,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah memberikan dukungan dan doa kepada atlet-atlet yang berjuang di arena Asian Games 2018.
     
"Terima kasih masyarakat Indonesia, berkat doa dan dukungannya, sampai hari ini sudah 20 medali emas diraih 'pahlawan-pahlawan' olahraga bangsa," ujarnya saat memberikan keterangan di hadapan wartawan di JCC Jakarta, Senin.
     
Sampai malam ini, total 20 medali emas diraih oleh atlet-atlet tuan rumah, kemudian 14 medali perak dan 26 medali perunggu.
     
Menurut dia, hasil kali ini merupakan pencapaian luar biasa dari seluruh atlet yang berjuang sekuat tenaga dan totalitas membawa harum bangsa Indonesia di mata internasional.
     
Tak hanya berhenti sampai di sini, kata dia, masih ada waktu bagi Indonesia untuk menambah koleksi medalinya, termasuk capaian "all-Indonesian final" dari cabang olahraga bulu tangkis nomor ganda putra, dan tunggal putra yang menempatkan satu atletnya di partai puncak.
     
Selain itu, menteri kelahiran Madura tersebut juga menyampaikan apresiasinya karena pergelaran Asian Games ke-18 ini menghasilkan rekor bagi Indonesia tentang perolehan medali, bahkan melampaui prestasi ajang yang sama pada 1962, yakni 11 emas.
     
"Prestasi raihan emas di Asian Games 2018 ini adalah bersejarah dan terbanyak sepanjang Indonesia mengikutinya. Sekali lagi, terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung, terutama rakyat Indonesia," ucapnya.
     
Tak itu saja, prestasi yang didapat kali ini juga disebutnya paling istimewa karena mampu "berbicara banyak" di cabang olahraga olimpiade, seperti angkat besi 62 kg melalui Eko Yuli Irawan, panjat tebing "speed" putri melalui Aries Susanti Rahayu, lalu karate 60 kg kumite dari Rifki Ardiansyah Arrosyiid.
     
Berikutnya, tenis ganda campuran yang diraih Christoper Rungkat dan Aldila Sutiadji, ditambah dayung nomor rowing kelas ringan putra delapan (Lightweight Men`s Eight/LM8+) yang dipersembahkan Hadid Tanzil, Yakin Muhad, Darmawan Rio Rizki, Ardianto, Button Ali, Ferdiansyah, Ihram, Isadi dan Hasbulloh.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018