Hanoi, Vietnam (ANTARA News) - Konferensi internasional mengenai Samudra Hindia dibuka di Hanoi, Vietnam, Senin (27/8), dengan dihadiri 280 delegasi dari 43 negara dan wilayah.

Ketika memberi sambutan dalam acara pembukaan Konferensi Samudra Hindia dengan tema "Building Regional Architecture" pada Senin malam, Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Kesehatan Nepal Upendra Yadav, Wakil Perdana Menteri Dan Menteri Urusan Luar Negeri Vietnam Pham Binh Minh, Menteri Urusan Luar Negeri India Sushma Swaraja dan Menteri Urusan Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan berbagi pandangan mereka mengenai pembangunan arsitektur regional, yang meliputi banyak pihak dan menghormati hukum internasional.

Selama konferensi dua-hari tersebut, 47 pembicaraan terkenal dan delegasi lain dijadwalkan menghadiri pembahasan mengenai masalah ekonomi, perdagangan dan keamanan di Wilayah Samudra Hindia, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa pagi. Mereka lalu mengajukan berbagai langkah mengenai pembangunan kepercayaan, dihormatinya norma dan hukum internasional, penyelesaian masalah secara damai, dan penanganan ancaman non-tradisional.

Dua edisi konferensi sebelumnya diselenggarakan pada 2016 dan 2017 masing-masing di Singapura dan Sri Lanka.

Editor: Chaidar Abdullah

Pewarta: Antara
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
Copyright © ANTARA 2018