counter

Tanggapan Seskab atas pengangkatan Nicke sebagai Dirut Pertamina

Tanggapan Seskab atas pengangkatan Nicke sebagai Dirut Pertamina

Sekretaris Kabinet Pramono Anung memberikan keterangan kepada wartawan di ruang kerjanya di Jakarta, Rabu (29/8/2018). (ANTARA News/Joko Susilo)

"Pertamina memerlukan sebuah tim yang solid"
Jakarta (ANTARA News)  Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung berharap Dirut baru PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati melakukan pembenahan agar BUMN minyak dan gas ini segera mereformasi diri.

"Bagaimanapun Pertamina ini kan sekarang mendapatkan penugasan yang luar biasa dengan blok-blok, baik itu Mahakam, Rokan, dan kedelapan lainnya," kata Pramono kepada wartawan di ruang kerjanya Jakarta, Rabu.

Ia juga mengungkapkan bahwa proses penetapan Nicke menjadi direktur utama definitif Pertamina menempuh proses yang panjang.

"Prosesnya kurang lebih dua bulan. Diajukan tiga nama dan akhirnya presiden memutuskan untuk memberikan hormat dan kepercayaan kepada Ibu Nicke sebagai Dirut Pertamina," katanya.

Dengan kepercayaan dan kehormatan ini, lanjut Pramono, tugas-tugas yang sudah secara langsung diberikan Presiden kepada Nicke agar segera dilakukan.

Baca juga: Ini profil Dirut baru Pertamina, Nicke Widyawati

Pramono juga mengungkapkan pertimbangan Presiden memberi kepercayaan Nicke, karena melihat kinerjanya sebagai pelaksana tugas (Plt) Dirut Pertamina sejak April 2018.

"Pertamina memerlukan sebuah tim yang solid," kata Pramono.

Ia menggambarkan Pertamina merupakan kapal yang sangat besar dan di badannya juga terdapat ruang-ruang yang besar, tidak hanya mengandalkan previllage dari pemerintah saja.

"Dengan perkembangan dunia usaha, Pertamina tidak bisa lagi, tidak melakukan inovasi, baik itu eksplorasi dan eksploitasi, kemudian juga pemasaran serta juga harus bertarung di dunia internasional," tegasnya.

Pramono mengingatkan bahwa Pertamina tidak bisa hanya menggantungkan diri pada lapangan-lapangan yang ada di dalam negeri atau di Indonesia.

"Harapannya Pertamina bisa menjadi sebuah perusahaan perminyakan dan gas yang kuat. Dan itulah yang menjadi harapan pemerintah," katanya.

Baca juga: Tiga fokus Pertamina di bawah dirut baru

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Tugas tambahan bagi Menko Darmin dan Mendagri Tjahyo

Komentar