Jakarta (ANTARA News) - Korea Selatan merebut medali perunggu bola basket putra Asian Games 2018 seusai mengalahkan Chinese Taipei 89-81 di partai penentuan tempat ketiga di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu.

Pemain naturalisasi asal Amerika Serikat, Ricardo Ratliffe, kembali membukukan penampilan dominan di pertandingan tersebut lewat double-double 37 poin dan 17 rebound.

Penembak jitu tripoin Jeon Jun-beom mengemas 18 poin yang seluruhnya ia raih dari tembakan tripoin, diikuti Heo Ung 12 poin serta Kim Sun-hyung 10 poin dan 6 assist.

Sementara di kubu Taipei, Liu Cheng tampil paling cemerlang dengan mencatatkan 25 poin dan 7 rebound.

Kendati mendapat bantuan 17 poin dan 7 assist dari Chen Yingchun serta 13 poin dan 6 rebound milik Chen Kuanchuan, Taipei tak terhindar dari kekalahan.

Baca juga: Jepang pertahankan medali perunggu basket putri

Taipei sempat memimpin di pembukaan laga, namun Korsel menyusul dan berbalik unggul 10-9 lewat lemparan bebas Ratliffe di sisa waktu 5 menit 45 detik kuarter pertama.

Korsel berhasil memanfaatkan sisa waktu yang ada untuk meraup rentetan poin 11-2 dan menutup kuarter pertama dalam keunggilan 21-11 atas Taipei.

Jarak keunggulan 10 poin berhasil diamankan Korsel di separuh awal kuarter kedua, ketika tembakan tripoin Sun-hyung menemui sasaran membuat kedudukan menjadi 31-21 di sisa waktu 5 menit.
Pebasket Chinese Taipei, Chen Yingchun (kanan) membawa bola dibayangi oleh pemain Korea Selatan Heo Ung dalam pertandingan perebutan medali perunggu bola basket putra Asian Games 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (1/9/2018). (ANTARA FOTO/INASGOC/Rocky Padila)

Korsel bahkan bisa menambah jarak keunggulan menjadi 12 poin saat menutup paruh pertama pertandingan lewat dunk buzzer beater Ratliffe yang mengubah skor menjadi 45-33.

Tembakan tripoin Jun-beom yang segera disusul lay up Sun-hyung membuat Korsel menambah keunggulan mereka atas Taipei menjadi 59-44 di sisa waktu 3 menit 55 detik kuarter ketiga. Periode 10 menit ketiga itu berakhir dengan Korsel kian nyaman dalam keunggulan 72-53.

Kendati Taipei memborong 28 poin di kuarter pamungkas, 17 poin yang diperoleh Korsel memastikan kemenangan mereka 89-81 saat pertandingan rampung.

Baca juga: Jadwal perebutan medali basket, China berpeluang kawinkan emas

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018