Bandung (ANTARA News) - Sejumlah tokoh masyarakat dan ulama di Jawa Barat mendeklarasikan Arus Baru Indonesia (ABI) sekaligus mendukung KH Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden mendampingi calon presiden Joko Widodo pada Pemilihan Presiden 2019.

"Kami deklarasikan hari ini di tempat ini. Insya Allah memohon rida Arus Baru Indonesia akan mengantarkan dan mengawal ulama menjadi pemimpin bangsa," kata Ketua ABI Pusat Lukmanul Hakim pada deklarasi di Kampus Al Masoem, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Kamis.

Ia menuturkan, Ma'ruf Amin merupakan ulama yang perjalanan hidupnya sudah tidak diragukan lagi, bahkan telah memberikan banyak manfaat untuk bangsa dan negara.

Lukmanul menyebutkan Ma'ruf Amin sebagai tokoh ekonomi syariah dan memiliki pemikiran yang hebat dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

"Sudah banyak sekali pemikiran Kiai Ma'ruf Amin, bagaimana menggabungkan antara pendidikan berbasis pesantren dan pendidikan nasional," katanya.

Ia menyebutkan, Ma'ruf Amin merupakan ulama yang memiliki kemampuan mempersatukan sehingga pemikirannya harus dijaga dengan baik.

Ketua Pembina Al Masoem Group Dadang Muhamad Makata menambahkan, deklarasi tersebut ABI mampu mempertemukan semua kalangan, termasuk ulama, politisi, dan tokoh masyarakat Jabar.

Makata mengungkapkan, telah banyak pemimpin bangsa Indonesia yang datang ke Al Masoem, kemudian berhasil menjadi pemimpin, antara lain KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Joko Widodo, dan Jusuf Kalla.

"Insya Allah yang hadir ke sini mudah-mudahan bisa jadi pemimpin," katanya.

Menurut dia, Ma'ruf Amin sudah tidak diragukan perjalanan politiknya sehingga diyakini mampu melaksanakan tugas sebagai pemimpin bangsa.

"Kiprah politik Ma'ruf Amin tidak diragukan lagi," katanya.

Baca juga: Kiai Ma'ruf Amin kunjungi PP Muhammadiyah

Baca juga: Ma'ruf siap bantu jadikan Indonesia tinggal landas pada 2024

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2018