Ternate  (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengobarkan semangat peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-35 sampai ke Provinsi Kalimantan Barat dengan menggelar kegiatan Gala Desa meskipun rangkaian puncak kegiatan berpusat di Kota Ternate, Maluku Utara.

"Kami ingin mengajak semua lapisan masyarakat Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat untuk aktif pula berolahraga demi mewujudkan masyarakat yang sehat dan bugar dimulai dari desa," kata Asisten Deputi Olahraga Pendidikan Kementerian Pemuda dan Olahraga Alman Hudri di Ternate, Sabtu.

Alman mengatakan penyelenggaraan kegiatan Gala Desa di Desa Tuan Tuan, Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat itu berupa pertandingan empat cabang olahraga pada 7 September hingga 7 Oktober 2018.

"Olahraga yang dipertandingkan yaitu sepak bola, atletik, tenis meja, dan sepak takraw. Para pembukaan acara Jumat (7/9), para peserta juga diminta untuk mengikuti senam pagi bersama seluruh jajaran Pemerintahan Kabupaten Ketapang," kata Alman.

Selain masyarakat umum, pertandingan empat cabang olahraga pada program Gala Desa itu juga diikuti para pelajar tingkat dasar hingga tingkat menengah di Ketapang.

"Kegiatan Gala Desa bertujuan menyukseskan program 'Ayo Olahraga' dan 'Gerakan Masyarakat Sehat' Kementerian Pemuda dan Olahraga yang dimulai dari desa-desa," katanya.

Kementerian Pemuda dan Olahraga memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018 di Ternate, Maluku Utara, sebagai momentum pendorong pembangunan lintas sektor di Indonesia menyusul kesuksesan Indonesia menggelar Asian Games ke-18.

"Kami ingin masyarakat selalu tergerak dan mendukung pembangunan semua lini kehidupan melalui pembudayaan olahraga baik anak-anak muda ataupun lanjut usia," kata Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta di Ternate, Jumat (7/9).
    
Isnanta mengatakan keberhasilan Indonesia menggelar Asian Games 2018 serta peringkat kontingen Merah-Putih pada posisi empat Asia menjadi momentum regenerasi atlet-atlet nasional menghadapi kejuaraan-kejuaraan internasional serta semakin mempromosikan kegiatan olahraga demi pembangunan karakter bangsa.

Kemenpora memperingati Haornas ke-35 di Ternate dengan menggelar sejumlah kegiatan seperti pameran Haornas di Gedung Dhuafa, senam lansia Gala Desa di Tidore, Sepeda Nusantara, Pawai Obor Asian Para Games (APG) 2018 serta puncak acara Haornas di lapangan Kieraha, Kota Ternate, pada Minggu (9/9) malam. 

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2018