Wakil Sekjen PBB puji kerja sama Selatan-Selatan

Wakil Sekjen PBB puji kerja sama Selatan-Selatan

Juru Bicara Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Farhan Haq. (unic-ir.org)

PBB, New York (ANTARA News) - Wakil Sekretaris Jenderal PBB Amina Mohammed pada Rabu (12/9) memuji negara berkembang sebagai faktor utama dalam pelaksanaan Agenda 2030 bagi Pembangunan Berkelanjutan, visi 2015 PBB.

Dalam pertemuan untuk memperingati Hari PBB bagi Kerja Sama Selatan-Selatan, Amina mengatakan, "Negara berkembang telah menjadi pelaku utama untuk melaksanakan Agenda Pembangunan Berkelanjutan dan kepemimpinan mereka, praktek dan pengalaman telah memainkan peran utama dalam perubahan global."

Wanita pejabat itu mengatakan, "Keragaman dan kekayaan pengalaman dan praktek negara berkembang, pelajaran yang mereka tawarkan bagi agenda pembangunan bersama, dan kepemimpinan yang mereka promosikan, terutama di tingkat lokal, telah memainkan peran utama dalam perubahan global."

Ia secara khusus menyatakan bahwa peningkatan dalam perdagangan dunia selama satu dasawarsa belakangan sangat dikendalikan oleh peningkatan perdagangan antara negara berkembang, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis pagi.

Baca juga: Forum Konsultasi Aspas Rekomendasikan Kerjasama PBB

Terlebih lagi, lembaga baru banyak-pihak telah didirikan dan mereka telah memusatkan perhatian pada kerja sama Selatan-Selatan, dan terutama pendanaan kegiatan itu, kata Amina Mohammed. Ia menyebutkan Asian Infrastructure Investment Bank dan New Development Bank sebagai contoh.

Untuk lebih mendorong kerja sama Selatan-Selatan, Wakil Sekretaris jenderal PBB itu menekankan, "Kita harus mengidentifikasi dan mendorong berbagai daerah tempat kerja sama Selatan-Selatan dapat paling efektif dan memiliki dampak berkelanjutan.

Editor: Chaidar Abdullah

Pewarta:
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar