Borobudur, Jateng (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno berharap, balai ekonomi desa (Balkondes) yang dibangun sejumlah  BUMN di kawasan Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Kami harapkan balkondes dan `homestay-nya` dapat bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan warga desa setempat," katanya di Balkondes Ngargogondo Kecamatan Borobudur di Magelang, Kamis.

Ia menyampaikan hal tersebut usai meninjau sejumlah Balkondes berkaitan dengan kesiapan untuk menerima delegasi International Council of Women (ICW).

Ia menuturkan pada dasarnya Balkondes nanti menjadi milik desa, sedangkan BUMN hanya turut membantu pembangunannya.

Oleh karena itu, ia mengingatkan pentingnya Balkondes tersebut dijaga dan dikembangkan pemanfaatannya untuk pelayanan kepada para pengunjung.

Ia mengatakan program itu muncul karena BUMN melihat masyarakat dan desa-desa di kawasan Candi Borobudur belum sejahtera. Program pembangunan berbagai Balkondes di kawasan itu dimulai sejak 2016.

"Alhamdulillah betul, Balkondes yang sudah berjalan betul-betul bisa menambah pendapatan sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," katanya.

Ia menuturkan bahwa dengan Balkondes itu telah banyak aktivitas yang dilakukan sehingga bisa menambah pendapatan desa dan tentu akan memberikan kesejahteraan lebih baik kepada warga desa setempat.

Di Kecamatan Borobudur terdapat 20 desa dan setiap BUMN membangun sebuah Balkondes di salah satu desa.

Ia menyebutkan saat ini sudah ada 19 Balkondes dan salah satu desa belum bisa dibangun Balkondes karena tidak tersedia lahan.

"Persoalannya adalah tersedianya lahan dari desa, kalau tidak ada lahan susah untuk membangun Balkondes," katanya.
 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
Copyright © ANTARA 2018