Magelang (ANTARA) - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) bersinergi dengan BNI dan Telkom mendukung program Relawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan meningkatkan standarisasi homestay Balkondes di Borobudur, Kabupaten Magelang.

"Program bertajuk Refining Borobudur Hospitality ini memiliki visi mendukung pariwisata berkualitas di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur," kata Corporate Secretary TWC, AY Suhartanto di Magelang, Jumat.

Menurut dia hal tersebut dilakukan melalui upaya meningkatkan standarisasi homestay dan penginapan sebagai salah satu sektor penunjang utama pariwisata.

Program Relawan BUMN Borobudur yang berjalan dari tanggal 7-10 Maret 2023 ini mengakselerasi standarisasi homestay melalui berbagai program intensif, antara lain menganalisis dan menyusun standar operasional prosedur (SOP) hospitality, sales, dan marketing.

Para relawan berasal dari berbagai perusahaan BUMN, antara lain Jasamarga, Kimia Farma, Mandiri, BTN, BRI, Perkebunan Nusantara XIV, Pertamina Patra Niaga, Pertamina Bina Medika, PT Pelabuhan Indonesia (Persero), dan Perkebunan Nusantara V.

Suhartanto mengatakan bahwa Relawan BUMN Borobudur ini merupakan program intensif untuk mempercepat standarisasi homestay dan penginapan di kawasan Borobudur. Hal ini dilaksanakan guna mendukung pertumbuhan pariwisata berkualitas di DPSP Borobudur.

"Relawan BUMN hadir di kawasan Borobudur untuk mendukung upaya standarisasi pelayanan maupun pemasaran penginapan di kawasan ini. Tentunya ini menjadi kebutuhan bersama pelaku wisata, khususnya para pemilik homestay maupun pengelola Balkondes (Balai Ekonomi Desa) untuk menghadirkan layanan prima bagi wisatawan," katanya.

TWC bersama Relawan BUMN berupaya meningkatkan kapabilitas penginapan di kawasan Borobudur.

Sebagai salah satu koordinator program Relawan BUMN di Borobudur ini, TWC mendukung penuh kegiatan yang selaras dengan tujuan perusahaan, yaitu menjadikan DPSP Borobudur sebagai destinasi wisata yang berkualitas.

Dalam penutupan kegiatan tersebut di Balkondes Tuksongo, Kecamatan Borobudur dibagikan bantuan paket buku dongeng dan tempat sampah kepada 20 sekolah dasar (SD) di wilayah Borobudur, Kabupaten Magelang.

Baca juga: Wapres ingin program Balkondes dikembangkan ke berbagai daerah
Baca juga: Kampung "homestay" Borobudur resmi diluncurkan
Baca juga: Sandiaga resmikan layanan kendaraan listrik di kawasan Candi Borobudur

 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023