Jakarta (ANTARA News) - Di antara inovasi yang dihadirkan dalam pameran tahunan Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum) di Tianjin, China, pada 18-20 September ini, ada 10 robot industri canggih yang disimulasikan di depan pengunjung.

Pengembangan sistem robot industri ini difokuskan pada debut Manus, yang menghubungkan 10 lengan robot industri dengan otak robot tunggal yang mengilustrasikan batas baru dalam interaksi manusia-robot.

Dialah ilmuwan robot Madeline Gannon, yang telah bekerja keras selama sebulan terakhir mengembangkan instalasi seni robot di studio penelitiannya di kawasan Bukit Polandia, dekat Pittsburgh, Pennsylvania.

Pelatihan, pengujian, dan pengkodean robot adalah proses yang sangat melelahkan. Platform Isaac yang baru-baru ini dikembangkan NVidia akan mengubah itu semua, kata pengembang chip komputer NVidia dalam pernyataannya, dikutip Rabu.

Gannon telah berlomba dengan waktu untuk mengembangkan perangkat lunak dan desain interaksi untuk menghadirkan robot ini tepat pada saatnya untuk pameran Forum Ekonomi Dunia di Tianjin.

Menghabiskan 80 jam seminggu di ruang penelitian, Gannon menghadapi tugas sulit mengambil dua bot pinjaman dari perusahaan robotika ABB dan menggunakannya untuk mensimulasikan interaksi dari semua 10 robot yang akan ada di acara itu.

Tantangan simulasi robot dalam operasi secara tradisional telah mendorong para robotika untuk mengambil program khusus--belum lagi pertaruhan dan kecemasan besar--karena perangkat lunak hingga saat ini belum dapat diandalkan.

Namun itu tetap menjadi masalah utama bagi industri, karena operasi logistik dan gudang beroperasi untuk mengadopsi robot yang menampilkan peningkatan tingkat otonomi untuk bekerja bersama manusia.

"Ketika kita beralih dari otomatisasi robotik ke otonomi robotik, instalasi seni seperti Manus memberi orang kesempatan untuk mengalami secara langsung bagaimana manusia dan mesin otonom mungkin hidup berdampingan di masa depan," kata Gannon.

Yang pasti, upaya Gannon yang sangat melelahkan dalam mendapatkan demonstrasi ini dari bawah menggarisbawahi keadaan industri yang baru berkembang untuk mengembangkan robotika dalam skala besar.

NVidia sebagai pengembang chip, pada awal tahun ini meluncurkan Isaac Simulator untuk mengembangkan, menguji, dan melatih mesin otonom di dunia maya. Minggu lalu, di GTC Jepang, NVidia mengumumkan ketersediaan Jetson AGX Xavier devkit bagi para pengembang untuk bekerja pada mesin otonom seperti robot dan drone.

Jika digabungkan, perangkat lunak dan perangkat keras ini akan meningkatkan revolusi robotika dengan siklus pengembangan turbo-charging.

"Isaac akan memungkinkan orang mengembangkan aplikasi pintar lebih cepat," kata Gannon. “Kami benar-benar berada pada zaman keemasan untuk robotika sekarang.”

Ini bukan rodeo robotik pertama Gannon. Tahun lalu, ketika ia menjadi kandidat Ph.D. di Carnegie Mellon University, ia mengembangkan lengan robot industri interaktif yang dipajang di Design Museum di London.

Robot itu, Mimus, adalah raksasa seberat 2.600 pon yang dirancang untuk ingin tahu tentang lingkungannya. Robot ini menggunakan sensor yang tertanam di langit-langit museum untuk melihat dan mendekati atau bahkan mengikuti penonton yang dianggapnya menarik.

Memamerkan Manus di Tianjin untuk Forum Ekonomi Dunia menandai instalasi robotika kedua, dan secara signifikan lebih rumit, yang mengharuskan perangkat lunak kustom untuk menciptakan interaksi dari awal.

Mengerjakan Manus tidak mudah. Begitu tiba di China, Gannon hanya memiliki 10 hari dengan 10 robot di tempat sebelum pembukaan pameran interaktif. Robot Manus berdiri berderet di atas permukaan 9 meter dan terbungkus dalam plexiglass.

Dua belas sensor ditempatkan di bagian bawah landasannya untuk memungkinkan robot saling berhubungan untuk melacak dan merespon gerakan pengunjung.

“Ada banyak pemrosesan penglihatan dalam proyek—itu sebabnya otaknya menggunakan GPU NVidia,” kata Gannon.

Sistem visi ini memungkinkan Manus bergerak secara otonom dalam menanggapi orang-orang di sekitarnya: begitu Manus menemukan orang yang menarik, semua 10 lengan robot mereorientasi lengannya mengikuti gerakan manusia.

Untuk menciptakan desain interaksi untuk Manus, Gannon perlu mengembangkan protokol komunikasi khusus dan pemecah kinematik untuk robotnya serta perangkat lunak interaksi penginderaan khusus, pemantauan jarak jauh dan manusia-robot.

Dia mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada sumber daya teknis yang dapat diandalkan untuk melakukan hal-hal yang tidak lazim dengan robot cerdas. Akibatnya, dia harus menyesuaikan setiap kali dia membuat kepingan robotik baru.

Pengembangan teknis untuk tumpukan perangkat lunak Mamus memakan waktu sekitar dua per tiga dari jadwal proyek, menyisakan hanya sepertiga waktu untuk mencurahkan ke jantung proyek - desain interaksi robot manusia.

Menggunakan chip Jetson untuk visi dan Isaac Sim untuk melatih robot dapat membantu pengembang mengubah rasio tersebut untuk proyek-proyek serupa di masa mendatang. Dan mereka sangat sesuai untuk pengembangan dan simulasi robot industri yang digunakan oleh perusahaan besar untuk gudang dan operasi logistik.
 

Baca juga: NVIDIA luncurkan arsitektur Turing, akan perkuat grafik komputer

Pewarta: Suryanto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018