"Abdurahman Bin Auf, Utsman bin Affan dan tokoh-tokoh Islam lainnya juga berwirausaha"
Malang (ANTARA News) - Aktor Dude Herlino menularkan kiat dan ilmu sukses menjadi wirausawan muda di kalangan mahasiswa  Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur.

Dude yang lebih dikenal di dunia artis itu mengaku kegagalan demi kegagalan dihadapinya, baik di dunia akting maupun wirausaha. Namun demikian, Dude tetap berkukuh pada pendiriannya dan yakin Allah pasti memberi jalan.

"Untuk menuju ke satu titik yang kalian impikan, tidak selamanya perjalanan itu mudah. Ada masa mudahnya, ada masa terpuruknya. Itu wajar," katanya.

Yang pertama harus dilakukan adalah berani atau mental yang kokoh, kedua harus tahu apa yang mau dijual dan yang tidak kalah penting adalah strategi marketing-nya.

"Dunia digital sangat luar biasa. Sekarang hanya bermain online, pendapatannya sudah sangat luar biasa," paparnya.

Pada kesempatan itu Dude juga mengingatkan mahasiswa mempersiapkan rencana usai studi, mahasiswa hendaknya tidak pernah menghilangkan keinginannya untuk berwirausaha dan belajar berwirausaha, khususnya dari Rasulullah serta tokoh-tokoh lain dalam Islam.

"Abdurahman Bin Auf, Utsman bin Affan dan tokoh-tokoh Islam lainnya juga berwirausaha," katanya pada rangkaian kegiatan Inspiring Session Emtek Goes to Campus (EGTC) di UMM, Jawa Timur, Rabu.

Dengan berwirausaha, orang mempunyai kebebasan finansial. Dengan berwirausaha, akan melatih pikiran untuk terbiasa dengan kompetisi.

Dude juga berpesan kepada seluruh peserta EGTC agar menggunakan masa muda, khususnya saat menjadi mahasiswa untuk mulai memikirkan bidang wirausaha apa yang bisa dijalankan.

"Dan untuk lebih memotivasi kalian, bacalah kisah-kisah perjuangan orang-orang sukses," tuturnya.

Selama ini, tak banyak yang tahu, Dude sempat membuka warung Mie Ayam hingga restoran Susi. Meski kerap menemui kegagalan, Dude tak pernah kapok dengan usaha kuliner. Kini ia membuka sebuah usaha oleh-oleh khas Yogyakarta, yakni Yogya Scrummy.

Sekarang usahanya makin dikenal masyarakat Yogyakarta sejak membuka sejumlah gerai, termasuk membuka jasa reseller dan pop up di beberapa titik di Yogyakarta. Berkat usaha tersebut Dude telah membuka peluang usaha bagi ratusan orang.

Tak hanya berorientasi keuntungan, di balik usahanya itu, Dude juga punya misi, di antaranya memberdayakan kelompok Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di sekitar Yogyakarta serta memproduksi konten-konten video untuk mempromosikan destinasi wisata di Yogyakarta dan sekitarnya melalui saluran YouTube.

"Saya ingin bekerja sama dengan pengusaha di Yogya, terutama dengan UKM yang sudah lama di Yogya. Selain itu, misi saya adalah memberikan dukungan kepada UKM di Yogya untuk sama-sama maju," kata suami aktris Alyssa Soebandono ini.

Tak hanya sinergi dengan UKM, Dude ingin melalui usahanya itu dapat memberikan dampak sosial kepada masyarakat Yogyakarta.

"Alhamdulillah, kami sudah bisa menyediakan ambulans gratis, membantu sekolah yang kondisinya kurang baik. Komitmen kami dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang lebih luas lagi," ujarnya.


Baca juga: Di Universitas Muhammadiyah, Sandiaga berbagi tips jadi wirausaha sukses

Baca juga: CEO Tokopedia ungkap ilmu wirausaha "the power of kepepet"

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018