Sukabumi  (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia (PMI) mengirim bantuan logistik tahap awal, selain armada ambulans, dan mobil truk tangki air bersih hingga relawan untuk membantu korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

"Kami mulai menyalurkan bantuan logistik kedaruratan sebagai bantuan tahap awal dan menjadi salah satu langkah prioritas penanganan PMI untuk membantu warga di sana," kata Kepala Biro Sarana dan Prasarana Markas Pusat PMI Tia Kurniawan melalui sambungan telepon, Sabtu.

Menurut dia, barang bantuan untuk dikirimkan ke lokasi dipusatkan  melalui gudang PMI regional Makasar, Sulawesi Selatan. Adapun logistik yang dikirim berupa 200 Selimut, 200 tikar, 500 jeriken dan 200 sarung.

Sementara bantuan lain untuk mendukung kapasitas lokal dengan mengirimkan 100 rompi PMI dan uang oprasional tanggap darurat Rp100 juta.

Instruksi selanjutnya semua bantuan barang logistik akan terus bertambah dari gudang regional di Makassar dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang akan dikirim ke Donggala termasuk 15 armada truk tangki air bersih.

Sementara itu, Kepala Sub Tanggap Darurat PMI Pusat Ridwan Sobri Carman menambahkan sejauh ini yang dilakukan oleh PMI memobilisasi relawan dan ambulans untuk melakukan upaya evakuasi hingga melakukan upaya pertolongan pertama medis bagi korban luka.

"Kami terus melakukan koordinasi dalam upaya mendukung wilayah terdampak dengan berkoordinasi pemerintah setempat melalui PMI Provinsi Sulteng," tambahnya.

Baca juga: Bulan Sabit kirim relawan ke Donggala
Baca juga: TNI AU bekerja keras buka Bandara Mutiara di Palu


 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2018