Bandung (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mengirimkan bantuan awal berupa logistik seperti selimut, bantal, pakaian yang masih baik untuk para pengungsi yang terdampak gempa bumi dan tsunami di beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Akan ada pesawat Hercules akan terbang membawa bantuan dari Bandung untuk mengirimkan bantuan dari Pemprov Jawa Barat ke Sulawesi Tengah. Sedang dikoordinasikan sebagian bantuan awal," kata Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil dalam siaran persnya, Minggu.

Atas nama Pemerintah Provinsi dan warga Jawa Barat, Gubernur Emil menyampaikan bela sungkawa atas bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Tengah.

"Kami atas nama pemerintah dan warga Jawa Barat tentunya sangat berduka, menyampaikan bela sungkawa kepada mereka yang menjadi korban dari bencana ini," kata Emil.

Dia mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan menggalang dana dan bantuan untuk tanggap darurat.

Menurut dia, Jawa Barat akan terus membantu saudara sebangsa yang tertimpa musibah termasuk di Lombok dan Sumbawa.

"Kita tidak bisa hanya mengandalkan bantuan Pemerintah Pusat. Jawa Barat orangnya baik-baik, sangat berempati. Kita membantu, akan konsisten, termasuk kita terus membantu Lombok dan Sumbawa juga. Itulah semangat warga Jawa Barat," kata Emil.

Selain itu, ia menambahkan bahwa pihaknya sudah mengirim tim beranggotakan empat orang sebagai tim awal gubernur.

Tim ini akan bertugas untuk memetakan kondisi tanggap darurat di sana.

"Saya sudah mengirimkan empat orang ke sana sebagai tim awal gubernur. Untuk memetakan kondisi tanggap darurat," lanjutnya.

Baca juga: Bantuan berdatangan di posko-posko penanggulangan bencana Makassar

Baca juga: Basarnas evakuasi korban gempa terjebak di Palu


 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2018