Jakarta (ANTARA News) - AC Milan melumat tuan rumah Sassuolo dengan skor 4-1 pada pertandingan lanjutan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Mapei, Reggio Emilia, Italia, Senin dini hari WIB.

Hasil positif ini membawa Milan naik empat posisi ke peringkat ke-10 dengan koleksi sembilan poin di klasemen sementara, sedangkan Sassuolo turun ke peringkat kelima dengan 13 poin, demikian catatan pertandingan di laman resmi Liga Italia.

Milan sedang tidak memiliki penyerang murni akibat Gonzalo Higuain absen, sedangkan Patrick Cutrone dan Fabio Borini mengalami cedera pergelangan kaki, sehingga Samu Castillejo digunakan sebagai "false 9." Tim tuan rumah berpeluang menggeser Napoli yang menghuni peringkat kedua seandainya mereka mampu meraih kemenangan.

Suso memiliki peluang yang membentur tiang gawang pada empat menit pertama, ketika tembakannya dari sudut sempit mengenai tiang dekat.

Percobaan dengan menggunakan Castilejjo tidak bertahan lebih dari sepuluh menit, ketika ia kemudian bertukar posisi dengan Hakan Calhanoglu. Langkah itu hampir menuai hasil positif, ketika Calhanoglu dan Jack Bonaventura bekerja sama untuk mengirimkan bola kepada Franck Kessie, namun bola cungkilnya yang melewati kiper masih dapat disapu oleh Pol Lirola.

Kessie kemudian memecah kebuntuan pada menit ke-39. Gelandang Pantai Gading ini mendapat bola di area pertahanannya sendiri, melaju ke depan, dan mendapat keuntungan dari para rekan setimnya yang membingungkan para pemain bertahan untuk mengakhiri peluang dengan sepakan mendatar dari tepi kotak penalti.

Lima menit setelah turun minum, Suso akhirnya mengakhiri puasa gol yang telah dilaluinya sejak 4 Februari untuk menggandakan keunggulan timnya. Ia mengecoh seorang pemain bertahan, beratraksi dengan bola dan melepaskan tembakan kaki kiri melengkung ke sudut jauh dari tepi kotak penalti.

Sepuluh menit berselang, Castillejo memperbesar keunggulan Milan dengan sepakan keras kaki kirinya.

Bagaimanapun, Milan harus menjalani pertandingan ke-12 secara beruntunnya tanpa clean sheet, ketika pemain pengganti Filip Djuricic mampu memperkecil ketertinggalan Sassuolo pada menit ke-68.

Sassuolo kembali menekan Milan, dan hampir mencetak satu gol lagi ketika sepakan salto Khouma Babacar melebar.

Tetapi, justru Milan yang mampu mengemas gol ketiganya. Berawal dari pelanggaran terhadap Suso di tepi kotak penalti. Ia mengambil tendangan bebas, di mana bola membentur dinding pemain, memantul kembali ke jalur pergerakannya, dan kemudian menyambarnya dengan sepakan untuk membuat bola masuk ke gawang tuan rumah. Awalnya gol itu tidak disahkan karena posisi offside Cutrone, namun setelah dilakukan pengecekan VAR, gol tersebut disahkan.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Italia:

Sassuolo (4-3-3): Consigli, Lirola, Marlon, Ferrari, Rogerio, Bourabia (Djuricic 57), Locatelli, Sensi, Berardi (Babacar 75), Boateng, Di Francesco (Boga 57)
Pelatih: Roberto De Zerbi

Milan(4-3-3): G Donnarumma, Abate (Calabria 89), Musacchio, Romagnoli, Rodríguez, Kessie, Biglia, Bonaventura, Suso, Castillejo (Cutrone 71), Calhanoglu (Laxalt 77)
Pelatih: Gennaro Gattuso  

Baca juga: Milan kembali gagal menang, ditahan Empoli 1-1

Baca juga: Gol semata wayang Higuain antar Milan kalahkan Dudelange

Baca juga: Tepis kutukan, Higuain kenakan kostum nomor sembilan di Milan

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018