Tanjung Pandan, (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan kegiatan penggalangan dana untuk membantu korban musibah gempa bumi dan tsunami di wilayah Palu dan Donggala Sulawesi Tengah (Sulteng).

Sekretaris PMI cabang Belitung, Bustam, di Tanjung Pandan, Senin, mengatakan kegiatan penggalangan dana tersebut dilakukan untuk membantu meringankan beban para korban musibah tersebut.

"Untuk merespon cepat musibah di wilayah Palu dan Donggala, jadi kami saat ini langsung mengadakan penggalangan dana untuk membantu mereka," katanya.

Menurut dia aksi penggalangan dana tersebut akan dilaksanakan selama satu pekan ke depan dengan melibatkan beberapa relawan PMI di daerah itu.

"Kami telah melakukan penggalangan dana mulai 30 September hingga 7 Oktober 2018. Ada 30 relawan dari PMI dan PMR yang kami kerahkan," katanya.

Aksi penggalangan dana tersebut akan dilakukan di beberapa titik lokasi seperti perempatan lampu merah, kawasan wisata, hingga beberapa tempat usaha.

"Bagi mereka yang ingin menyerahkan donasinya secara langsung bisa juga datang ke Markas PMI Belitung," katanya.

Selain itu, PMI Belitung juga terus berkoordinasi dengan PMI pusat terkait pengiriman relawan untuk membantu di lokasi musibah.

"Kami masih bersiap-siap siapa tahu ada relawan yang sesuai dengan kapasitas dan spesialisasi yang dibutuhkan maka kami siap mengirimkan," sebutnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang ingin menyerahkan donasinya untuk korban musibah gempa di Palu dan Donggala juga bisa melalui rekening Bank BRI Cabang Tanjung Pandan atas nama PMI Belitung dengan nomor rekening 013101007943531.*

Baca juga: Tim medis Unand seminggu di Palu

Baca juga: ACT siapkan 1.000 relawan ke Sulteng


 

Pewarta: Ahmadi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018