Memang saat ini dampaknya di kabupaten tetangga. Tapi kami juga harus siap...
Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara memberlakukan status siaga satu untuk mengantisipasi dampak erupsi Gunung Soputan, kata Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap di Ratahan, Kamis.

"Status ini diberlakukan jika terjadi letusan dengan eskalasi yang lebih besar sehingga berdampak pada kehidupan masyarakat," katanya, menambahkan penetapan status siaga dilakukan berdasarkan dampak letusan Gunung Soputan sebelumnya.

James mengatakan pemerintah kabupaten telah berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk mengantisipasi dampak letusan gunung berapi itu. "Untuk bersiaga dan siap untuk melakukan penanganan jika terjadi bencana akibat erupsi ini di wilayah Minahasa Tenggara," katanya.

Ia menjelaskan pula bahwa semua jalur pendakian Gunung Soputan telah ditutup dan dijaga oleh aparat keamanan.

Wilayah Minahasa Tenggara sendiri sampai sekarang belum terdampak hujan abu akibat letusan gunung itu, karena angin membawa abunya ke arah barat laut menuju Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Minahasa Selatan.

"Memang saat ini dampaknya di kabupaten tetangga. Tapi kami juga harus siap, jika terjadi perubahan arah angin daerah kami bisa terdampak juga," ujarnya.

Baca juga: Gunung Soputan masih erupsi hingga pagi ini
Baca juga: Bupati Minahasa minta warganya jauhi Gunung Soputan

 

Pewarta: Arthur Ignasius Karinda
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018