counter

Metropolitan

Tim Pemprov DKI siapkan dapur umum di Palu

Tim Pemprov DKI siapkan dapur umum di Palu

Tim Tanggap Ibukota DKI Jakarta bergerak cepat untuk membantu para korban gempa Palu, Sulawesi Tengah. Dokumen Pemprov DKI

Kita harus mengedepankan safety first ...

Jakarta (ANTARA News) - Tim Tanggap Ibukota DKI Jakarta bergerak cepat untuk membantu para korban gempa Palu, Sulawesi Tengah dengan langsung mempersiapkan dapur umum dan tempat tinggal untuk warga serta membantu evakuasi korban. 

"Kegiatan hari ini semua punya peran, saya minta tunjukkan kiprahnya, saya minta dibuatkan tempat yang layak untuk tim dan warga,“ kata Komandan Tim Tanggap Ibu Kota DKI Jakarta untuk korban bencana di Palu dan Donggala, Salman Ansori di Jakarta, Kamis.

Dia langsung membagi penugasan menjadi dua kelompok, diantaranya tim yang beranggotakan personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Sosial (Dinsos) bertugas membangun dapur umum serta tempat tinggal sementara bagi warga di kawasan Birobuli Utara, Palu Selatan.

Sedangkan tim dengan personil dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat) langsung meluncur untuk membantu evakuasi korban bersama tim Damkar Makassar.

Salman juga menginstruksikan timnya agar memegang prinsip safety first terlebih untuk para anggota Damkar yang hendak terjun untuk mengevakuasi korban gempa, sesuai dengan arahan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Sesuai arahan dari Pak Gubernur bahwa kita harus mengedepankan safety first bagi yang nanti terjun ke lapangan agar baik yang menolong maupun yang ditolong dalam keadan selamat,” tambahnya.

Selain membuat dapur umum, tempat tinggal sementara dan mengevakuasi korban. Tim Tanggap Ibukota juga memberikan sejumlah bantuan logistik berupa terpal, air minum dan selimut kepada warga di sekitar lokasi.

Sementara itu warga sekitar mengaku kehadiran Tim Tanggap Ibukota sangat membantu di tengah kondisi serba terbatas usai gempa.

“Kalau dibangunkan tenda, kami bisa istirahat tanpa was-was karena kalau balik ke rumah masih takut ada gempa susulan,” ucap Ibu Rosma (57). Hal senada juga disampaikan oleh warga lainnya.

“Terima kasih sudah dibantu, kami kekurangan air minum bersih dan beberapa kardus air ini akan sangat membantu,” kata Sunandar (54) warga Kelurahan Kalise Mantikulore, Palu Timur.

Baca juga: DKI Jakarta kirim satgas peduli bencana Palu-Donggala
Baca juga: Personel dan logistik Pemprov DKI tiba di Palu

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar