Jakarta (ANTARA News) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menjelaskan bahwa pemerintah provinsi memfasilitasi Ratna Sarumpaet berangkat ke Chili berdasarkan permintaan aktivis itu untuk disponsori guna menghadiri konferensi perempuan dramawan internasional yang berlangsung 7-12 Oktober di Santiago.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta Asiantoro dalam siaran pers pemerintah pada Jumat menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 31 Januari 2018 menerima surat permohonan dari Ratna Sarumpaet, yang isinya meminta untuk difasilitasi supaya bisa menghadiri The 11th Women Playwrights International Conference (WPI) 2018 di Santiago, Chili.

"Bu Ratna meminta bantuan sponsor kepada Pak Gubernur untuk mengikuti kegiatan WPI," kata Asiantoro.

Dalam surat perihal permohonan sponsor tersebut, Ratna menjelaskan bahwa dia mendapat undangan untuk menghadiri konferensi tiga tahunan tersebut pada 17 Oktober 2017 dan dalam suratnya panitia penyelenggara meminta Ratna menjadi pembicara dan membagikan pengalamannya kepada para peserta.
    
Surat permohonan Ratna Sarumpaet ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk difasilitasi menghadiri acara The 11th Women Playwrights International Conference (WPI) 2018 di Santiago, Chili. (Dokumen Pemprov DKI Jakarta)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 19 Februari 2018 menerima surat permohonan Ratna, dan kemudian mendisposisikannya ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

"Disposisi Bapak Gubernur ke Dinas Parbud adalah difasilitasi dan didukung serta TL (tindak lanjut) sesuai ketentuan," kata Asiantoro.

Dia kemudian mendisposisikan surat tersebut ke Bidang Nilai Sejarah dan Budaya, yang menindaklanjutinya dengan membuat nota dinas ke Biro Administrasi Sekretariat Daerah (ASD) karena pengurusan biaya perjalanan dinas merupakan bagian dari tugas Biro ASD.

"Disparbud melakukan pengaturan perjalanan Ratna Sarumpaet sekaligus membantu berkoordinasi dengan pihak panitia Woman Playwrights International. Dan dijadwalkan Bu Ratna akan tampil di opening tanggal 7 Oktober 2018,” katanya.
     
Nama Ratna sudah tercantum dalam unggahan Instagram Women Playrights International (WPI) pada 10 April 2018, yang menempatkannya sebagai salah satu pembicara di konferensi tersebut.

Baca juga:
Ratna Sarumpaet tersangka
Ratna Sarumpaet ditangkap saat hendak ke Chili
Nasib pahit Ratna Sarumpaet


 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018