Jakarta (ANTARA News) - Tarian hiphop breakdance, yang dikenal dengan gerakan sulit, disajikan secara memukau oleh penari breakdance disabiltas, Ill-Abilities pada upacara pembukaan Asian Para Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu malam.

Suasana terbesar di Indonesia itu langsung meriah oleh sorakan penonton yang terkesima dengan gerakan lincah nan sulit dari para penari Ill-Abilities.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo beraksi bersama siswi disabilitas Bulan Karunia Rudianti dan atlet panahan andalan Indonesia, Achmad Zulkarnain, dengan menembakkan panah untuk menyulut penghancuran huruf-huruf DIS. Huruf-huruf itu jatuh berserakan bersamaan dengan tembakan pyro dari atap.

Saat huruf-huruf DIS dihancurkan, batu-batu yang membentuk kata DISABILITY kemudian menjelma menjadi ABILITY.

Suasana lantas menjadi khidmat saat pianis disabilitas Allafta Hirzi memainkan lagu Heal The World milik Michael Jackson. Penonton di Stadion GBK serentak menyalakan lampu dari ponsel masing-masing.

Saat lagu dinyanyikan, seorang anak dari Desa Bengkala membawa sebuah layang-layang merah dan membuat bayangan merpati dengan tangannya.

Lalu 196 anak-anak akademi polisi memasuki arena mengenakan piyama dan membawa bantal. Anak-anak akan meletakkan bantal di lantai membentuk merpati, bermimpi tentang perdamaian. Mereka tidur di lantai membentuk formasi merpati.

Baca juga: INAPGOC sampaikan duka kepada korban gempa di Indonesia

Baca juga: Presiden Jokowi buka Asian Para Games 2018 dengan bahasa isyarat

Baca juga: Gong Asian Para Games ditabuh, membawa pesan perubahan

Baca juga: Presiden Jokowi sambut atlet Asian Para Games 2018

Baca juga: Atlet Indonesia disambut meriah di pembukaan Asian Para Games

Pewarta: Monalisa
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2018