Jakarta (ANTARA News) - Konvensi Nasional Dewan Integritas Bangsa (DIB) untuk mencari calon presiden (capres) alternatif yang akan dilakukan di 12 kota dan dimulai 10 Januari di Yogyakarta, diikuti oleh lima tokoh yakni Sri Sultan Hamengku Buwono X, Rizal Ramli, Yuddy Chrisnandi, Marwah Daud Ibrahim, Bambang Sulistomo.

"Sementara itu Fadel Muhammad mengundurkan diri," kata Ketua Tim 45 DIB Salahuddin Wahid (Gus Sholah), di Jakarta, Kamis.

Sementara itu calon lainnya tidak ada yang mengundurkan diri. Gus Sholah mengatakan, Fadel menyampaikan pengunduran dirinya melalui layanan pesan singkat (SMS), dan mengirimkan surat secara resmi. Namun Gus Sholah belum menerima surat tersebut hingga Kamis (8/1).

Konvensi selanjutnya akan dilakukan di Surabaya (13/1), Denpasar (17/1), Bandung (24/1), Medan (31/1), Banjarmasin (7/2), Makassar (14/2), Manado (16/2), Ambon (21/2), Jayapura (28/2), Palembang (3/2) dan Jakarta (7/3).

Koordinator Tim 8 Lieus Sungkharisma menyesalkan mundurnya Fadel karena yang bersangkutan pernah memberikan pernyataan akan ikut konvensi di depan publik.

Sekretaris Tim 45 Nathan Setiabudi mengatakan, dalam konvensi tersebut akan ada penilaian terhadap para calon pemimpin tersebut.

Sebagai contoh, di Yogyakarta akan diundang 300 orang yang merupakan perwakilan masyarakat Yogyakarta. Mereka nanti akan diberikan semacam pertanyaan atau angket, dan pertanyaan terakhirnya adalah siapa calon pemimpin yang dianggap paling baik.

Dalam konvensi tersebut, para calon pemimpin antara lain diminta menyampaikan visi strategis Indonesia pada 2009-2014, prioritas utama yang akan dikerjakan, dan solusi yang akan dilakukan.

Selanjutnya ada pertanyaan dari tim ahli serta dari masyarakat yang menghadiri konvensi.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009