Solo,  Jateng  (ANTARA News ) - Hujan deras yang mengguyur Kota Solo sempat mengganggu pertandingan bola basket putra Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil)  II antara DKI Jakarta dan Bengkulu di GOR Sritex Arena,  Sabtu. 
   
Tapi gangguan tersebut tidak banyak berpengaruh bagi DKI Jakarta yang kemudian menang telak 102 - 28 dan memastikan langkah ke semifinal setelah tampil sebagai juara grup. 
     
Ketika pertandingan baru berjalan tiga menit,  hujan yang disertai angin kencang membuat air masuk melalui ventilasi gedung dan membasahi sisi lapangan. 
   
Akibatnya,  sisi lapangan yang berdekatan dengan dinding pun basah dan membuat lapangan licin. 
   
Demi keamanan dan keselamatan pemain, panitia sepakat untuk menunda pertandingan sampai hujan reda. 
     
Beruntung hujan deras tidak berlangsung lama dan pertandingan babak penyisihan itu pun dilanjutkan. 
   
 Dalam pertandingan itu,  DKI Jakarta yang merupakan juara bertahan Popnas, masih terlalu perkasa bagi Bengkulu yang pada pertandingan sebelumnya juga tidak bisa berbuat saat dikalahkan Kalbar,  juga dengan skor telak 42 - 101.
     
Dengan materi beberapa pemain tim pelajar nasional yang tampil di Kejuaraan Bola Basket Pelajar Asia di Yogyakarta bulan lalu,  DKI Jakarta hampir tidak menemui kesulitan untuk mencetak angka. 
   
Dengan kemenangan itu,  DKI Jakarta tampil sebagai juara grup dan melaju ke semifinal,  Minggu,  ditantang Sumsel. 
   
Sementara semifinal lainnya mempertemukan Jawa Barat dengan Kalimantan Barat. 

Usai pertandingan,  pelatih DKI Jakarta Rifki Antolion menegaskan bahwa mereka tidak hanya optimistis menjuarai Popwil II tersebut,  tapi juga Popnas 2019 yang akan digelar di Papua. 
     
Popwil merupakan babak kualifikasi menuju pesta olahraga pelajar nasional itu. 
 
Melihat materi pemain yang kami miliki dan melihat kekuatan lawan,  kami yakin tidak hanya lolos ke Popnas,  tapi juga mempertahankan gelar juara nanti di Papua," kata Rifki,  pria asal Batusangkar, Sumbar  itu. 
     
Sementara di pertandingan untuk Wilayah III, Jateng melaju ke semifinal setelah mengalahkan Kalteng 86-40 dan akan ditantang Kaltara. 
   
Semifinal lainnya mempertemukan DIY dengan Banten. 
   
 Pertandingan basket di kelompok putra memunculkan Kalbar sebagai kekuatan baru di wilayah II setelah sehari sebelumnya melumat Bengkulu dengan skor telak 101 - 42 dan mampu memberikan perlawanan ketat sebelum ditaklukkan DKI Jakarta 50-60 pada pertandingan berikutnya. (A032) 
Baca juga: Sebanyak 1.800 atlet pelajar berlaga pada Popwil di Solo

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2018