Untuk gol pertama Thailand dari tendangan sudut, itu sulit diantisipasi kiper manapun. Tendangannya memang bagus
Jakarta (ANTARA News) - Pelatih klub sepak bola Bhayangkara FC Simon McMenemy membela penampilan kiper timnya, Awan Setho Raharjo di tim nasional Indonesia.

Menurut Simon, Awan tidak melakukan kesalahan fatal saat Indonesia menghadapi tuan rumah Thailand di Grup B Piala AFF 2018, Sabtu (17/11), di mana Indonesia kalah dengan skor 4-2. Awan sendiri banyak mendapatkan kritikan dari masyarakat berkaitan dengan performanya di laga tersebut.

"Untuk gol pertama Thailand dari tendangan sudut, itu sulit diantisipasi kiper manapun. Tendangannya memang bagus," ujar Simon di Jakarta, Minggu, menanggapi gol langsung tendangan sudut oleh pemain Thailand Korrakot Wiriyaudomsiri.

Sementara untuk dua gol lain Thailand yang dianggap masyarakat terutama warganet terjadi akibat kesalahan Awan, Simon juga memberikan pendapatnya.

Pada gol ketiga Thailand yang dibuat Adisak Kraisorn, Simon mengakui bahwa Awan memang keliru memberikan umpan kepada pemain lawan. Akan tetapi, Simon menganggap gol tidak akan terjadi seandainya bek-bek Indonesia mampu menghentikan pergerakan pemain Thailand.

"Saat kesalahan umpan itu terjadi masih ada empat bek Indonesia di area kotak penalti," kata pelatih asal Skotlandia tersebut.

Lalu untuk gol terakhir Thailand yang dibuat Pokkhao Anan, di mana tampak Awan Setho terlalu maju dari gawangnya, Simon menilai itu semata karena taktik dari pelatih Bima Sakti.

Simon memperkirakan Bima memajukan garis pertahanan Indonesia untuk menekan pertahanan Thailand. Itu yang membuat bek-bek tim Garuda maju dari kotak penalti dan Thailand bisa memanfaatkan ruang kosong melalui serangan balik.

"Ketika orang tidak tahu apa yang dilakukan pelatih, muncullah suara-suara menyalahkan Awan," tutur Simon.

Simon McMenemy dengan tegas menyatakan Awan Setho merupakan salah satu kiper terbaik di Liga 1 Indonesia. Dengan umurnya yang baru 23 tahun, dia diprediksi oleh Simon akan menjadi penjaga gawang berkualitas bagus dalam waktu yang lama.

"Awan salah satu kiper terbaik di liga. Saya mengingat bek kami Nurhidayat Haji Haris juga dikritik karena performanya di Piala U-19 Asia. Namun bagi saya, mereka berdua masih menjadi salah satu yang terbaik di posisinya masing-masing," kata Simon.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018