Pakar: teh dapat dikreasikan jadi minuman modern

Pakar: teh dapat dikreasikan jadi minuman modern

Para juri dan peserta "Tea Brewing Competition, Tea Mixologist". Lomba ini diadakan dalam rangkaian acara Kompetisi di SIAL Interfood, yang diselenggarakan di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu, (24/11) 2018. (istimewa)

Jakarta (ANTARA News) - Selama ini orang mengkonsumsi teh hanya dinikmati sebagai minuman teh hangat, namun pakar teh Ratna Somantri mengungkapkan bahwa teh juga bisa dikreasikan menjadi minuman modern. 

Dalam keterangannya di Jakarta, Minggu dia menyatakan, menambahkan teh ke dalam minuman bisa meningkatkan nilai dari minuman tersebut karena teh dianggap sebagai minuman yang punya banyak manfaat untuk kesehatan, banyak ragam dan juga cerita menarik yang bisa diangkat. 

Menurut Ratna, saat ini Indonesia memiliki 50 ragam teh, namun belum banyak orang yang tahu mengenai teh-teh Indonesia yang masuk kategori specialty tea.

Terkait hal itu Association of Indonesia Specialty Tea (AISTea) bersama industri teh menggelar lomba unik yang baru pertama kali diadakan di Indonesia, yakni "Tea Brewing Competition, Tea Mixologist". Lomba ini diadakan dalam rangkaian acara Kompetisi di SIAL Interfood, yang diselenggarakan di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (24/11).

Ratna Somantri yang juga Humas dan Promosi AISTea mengatakan, saat ini "tea mixologist" adalah sesuatu yang baru di Indonesia. Kebanyakan peserta yang ikut di kompetisi ini adalah barista dan chef yang mulai mempelajari teh dan tertarik untuk menambahkan teh dalam kreasi minuman mereka. 
 
"Nah dengan kebaruan ini, demandnya terbuka lebar karena saat ini pertumbuhan kafe sangat tinggi dan mereka membutuhkan variasi minuman yang berbeda untuk meningkatkan daya saing. Minuman berbahan dasar teh adalah salah satu pilihan karena unik, enak, dan sehat," katanya.
 
Salah satu peserta "Tea Brewing Competition, Tea Mixologist". Lomba ini diadakan dalam rangkaian acara Kompetisi di SIAL Interfood, yang diselenggarakan di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu, (24/11) 2018. (istimewa)


Direktur PT Duta Serpack Inti, produsen Teh 2Tang,  Eko Handoko menambahkan, teh itu tidak sekadar teh yang diseduh dan diminum, tetapi dengan menambah kreativitas, teh bisa dijadikan minuman yang sangat bervariasi dan bisa dinikmati di semua generasi.
    
"Syaratnya, tentu saja harus menggunakan teh yang berkualitas, Untuk itulah kami mendukung acara ini"  katanya.

Beberapa teh Indonesia grade specialty tea yang sudah diberi merk masih terbatas pemasarannya, lanjutnya, kompetisi teh ini diharapkan membuat pasar teh specialty tea di Indonesia menjadi semakin berkembang.

Baca juga: Dua minuman yang bantu hindari serangan stroke

Baca juga: Tetap tanggap di usia tua berkat teratur minum teh

Pewarta: Subagyo
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Produksi teh organik Batang dipasarkan ke Eropa

Komentar