Palembang (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berupaya semua desa di sana memiliki jaringan internet supaya warga lebih cepat mengetahui informasi.

"Internet masuk desa itu sudah menjadi komitmen Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, yang peduli pada kehidupan masyarakat perdesaan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kominfo Sumatera Selatan, Jon Kenedy, di Palembang, Senin.

Ia mengatakan bahwa Gubernur sangat menginginkan supaya seluruh warga mengetahui teknologi informasi.

Dalam program kerjanya, lanjut dia, Deru meminta tidak ada lagi blank spot di setiap desa, terutama di Kabupaten Musirawas Utara, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu Selatan, Banyuasin, dan Ogan Ilir.

Melalui internet desa, katanya, masyarakat secara mudah mengakses informasi dan menyebarkan informasi mengenai produk-produk unggulan dari desa itu. "Jadi, dengan didukung sarana dan prasarana yang memadai, pemberdayaan desa makin baik," ujarnya.

Oleh karena itu, Kominfo merencanakan pengaplikasian program internet desa dengan bantuan Kelompok Informasi Masyarakat dengan memfokuskan pada sasaran dan pelaksanaan secara teknis.

Program internet desa itu diharapkan dapat dikembangkan sesuai perencanaan yang matang, dan harus didukung SDM yang mumpuni.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018